-->

Silaturahmi ke Medan, Fadli Zon Harapkan IKM Sumut Saling Dukung di Berbagai Bidang

harian9 author photo

MEDAN| H9
Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM), Fadli Zon bersilaturahmi ke Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang Sumatera Utara (DPW IKM Sumut). Silaturahmi ini dilakukan dalam menyongsong pelantikan yang akan digelar oleh DPW Sumut.

"Silaturahim kita ini dalam konsolidasi IKM di Sumut. Karena kita sudah menyerahkan SK dari pusat di bulan Juli kemarin. Memang belum sempat untuk melantik karena pandemi Covid-19. Tapi saya berharap IKM di Sumut ini menjadi organisasi yang maju dan bermanfaat bagi para anggota," katanya di Medan, Selasa (27/10/2020).

Dikatakannya, sebenarnya sudah ada beberapa organisasi keluarga minang yang sudah lama tentunya, namun dengan adanya IKM maka diharapkan dapat bersinergi dan bekerjasama supaya lebih banyak organisasi yang nantinya dapat menggabungkan orang orang minang di rantau. 

"Jadi kita berharap nanti pada waktu yang tepat mungkin setelah pandemi Covid-19 saya bisa melantik IKM yang ada di Sumut," ujarnya.

Untuk di Indonesia, Fadli mengatakan IKM sudah terbentuk di 25 provinsi di Indonesia, Bahkan di Malaysia IKM sudah dibentuk. Ini menandakan bahwa orang minang mudah bergaul dan langsung merasakan persaudaraan jika di negeri orang.

"Jadi IKM itu sudah sampai Papua, Jambi, Aceh di Jawa Tengah di Jabar, Jatim dan Jakarta sudah pasti. Ada juga di beberapa provinsi yg lebih dulu kabupaten kotanya,"katanya.

Fadli optimis dengan adanya IKM yang sudah terbentuk tahun 2016 para orang minang dapat menjaga persaudaraan dan kerjasama yang baik. 

"Minang ini banyak di rantau,jadi kita ingin menghimpun kekuatan di era globalisasi. Net working itu penting. Jadi kalau tidak saling kenal nanti mungkin tidak saling tau,"ujarnya.

Sehingga jika ada networking bisa saling dukung di berbagai bidang. Bidang usaha, sosial, kemasyarakatan, politik atau apapun. Jadi yang paling penting ini bisa bekerja sama untuk kemajuan masyarakat minang di rantau. Sekaligus bisa bermanfaat di ranah.

Sementara itu Ketua DPW IKM Sumut, F. Sutan lembang Alam, S.H., M.H., C.P.L., S.Si., A.M.G., DCNutri., M.Kes mengatakan bahwa IKM ini organisasi milik seluruh warga minang yang ada di perantauan. 

"Kalau ada di Medan ya milik warga minang yang ada di perantauan di Kota Medan. Bahkan di Padangsidimpuan mereka orang minang walau berbahasa mandailing, sehingga disini menunjukkan mereka dalam keluarga minang," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa orang minang itu cerdas dan semua pemikir negara juga. Bahkan banyak orang minang yang mempunyai jabatan tinggi di provinsi maupun pusat, apakah partai politik, bidang pendidikan maupun sektor lainnya.

"Sehingga IKM itu tidak boleh berpolitik praktis. Jadi kita menyatukan seluruh orang-orang minang yang berbeda pilihan, yang berbeda pendapat. dan di IKM menjadi satu. Sebab tujuan utama IKM ini adalah untuk memajukan orang minang," ujarnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPD IKM Kota Medan, H.Irfan Zubir mengatakan pihaknya optimis dalam mempersatukan orang minang di kota Medan. Bahkan saat ini pengurus IKM di Kota Medan berjumlah kurang lebih 50 orang.

"Kita pengurus di Kota Medan ada sekitar 50 orang, dan di kota kota lain saya juga melihat ada sekitar 50 pengurus juga, disini membuktikan bahwa orang minang ini dimana saja tetap berpikir untuk bersatu," pungkasnya. (pr01)


Komentar Anda

Berita Terkini