-->

Tidak Patuhi Prokes, 115 Orang Terjaring Operasi Yustisi

harian9 author photo


TAPSEL| H9
Sebanyak 115 orang pelanggar Protokol Kesehaan (Prokes) terjaring Operasi Yustisi oleh tim gabungan dari Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tapsel, Kamis (22/10/2020). 

Operasi Yustisi  dalam rangka Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan berlangsung di 6 titik di Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel masing-masing, di Jalinsum Kecamatan Angkola Timur, di Jalinsum Desa Sosopan Pargarutan, di Jalinsum Desa Pargarutan Tonga, di Jalinsum Desa Pargarutan Julu di Jalinsum Desa Pargarutan Jae dan di Jalinsum Desa Pargarutan Huta Baru Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel. 

Operasi juga melibatkan 26 orang personil masing-masing, personil Polres Tapsel 10 orang, personil Sat Pol PP Tapsel 8 orang dan personil Dishub Tapsel 8 orang, dipimpin Perwira Pengendali (Padal) Kanit Regident Sat Lantas Polres Tapsel Iptu Tongan Siregar. 

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH melalui Padal Operasi Yustisi Iptu Tongan Siregar mengatakan, pelaksanaan Operasi Yustisi  dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum Prokes, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tapsel No. 49 tahun 2020 guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona. 

“ Sesuai dengan arahan Bapak Kapolres agar dalam melaksanakan Operasi Yustisi  personil tetap mematuhi Prokes dan selama kegiatan tetap humanis dan menjaga keselamatan masing- masing personil, “ ujar Tongan. 

Disebutkannya, dalam operasi Yustisi ini pelanggar Prokes yang terjaring adalah masyarakat yang tidak memakai masker. Selanjutnya, pelanggar diberikan sanksi berupa teguran lisa dan teguran tertulis. 

Adapun hasil dari Operasi Yustisi  yakni, teguran lisan sebanyak 67 pelanggar, teguran tertulis 48 pelanggar. “ Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi Prokes dalam masa Pandemi Covid-19, juga untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tapsel, “ terangnya. 

Warsito Harahap warga Desa Garonggang Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel mengapresiasi Pemkab Tapsel dan Polres Tapsel dalam pelaksanaan Operasi Yustisi dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum Prokes Covid-19, agar masyarakat lebih sadar akan bahaya Covid-19. 

“ Operasi ini sangat positif agar masyarakat lebih disiplin dalam melaksanakan Prokes selama beraktivitas di luar rumah dan disampingi itu juga terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tapsel, “ ujar Warsito.  (WD.014)

 

Komentar Anda

Berita Terkini