-->

Tim Gabungan BC Bengkalis Temukan Kapal Barang Ilegal dari Malaysia

HARIAN9 author photo
BENGKALUS | H9
Kegiatan Patroli Jaring Sriwijaya yang dilaksanakan Tim Bea dan Cukai ( BC) Bengkalis bersama Kantor Wilayah BC Riau dan Kanwilsus BC Kepulauan Riau pada Akhir September lalu berhasil mengamankan 1 unit kapal kayu tanpa nama dan tanpa awak kapal di Desa Kedabu Rupat Kabupaten Kepulauan Meranti.


Kepala Bea dan Cukai Bengkalis Ony Ipmawan Jumat (02/10/2020) mengatakan, Penangkapan berawal dari patroli gabungan yang dilakukan diperairan Kepulauan Meranti dan dari nota Intelijen dan informasi Tim Kanwilsus BC Kepulauan Riau bahwa akan ada kapal kayu yang datang dari Malaysia dengan muatan bawang merah dan barang campuran lainnya.

Bermodal dengan informasi ini Tim gabungan melakukan kegiatan pendalaman informasi dan diketahui lokasi pembongkaran akan dilakukan disekitar Desa Melai sampai Desa Senyongkong, kemudian Tim memutuskan untuk melakukan penyisiran sepanjang bibir pantai Desa Melai dan Desa Senyongkong,

Setelah melakukan penyisiran lebih kurang tiga jam Tim menemukan kapal kayu yang kandas di perairan Desa Kedabu Rupat,dengan cepat Tim Gabungan ini menghampiri kapal ini dengan menggunakan kapal Patroli BC 10010, namun karena kandas lebih kurang seratus meter Tim tidak bisa merapat secara langsung terpaksa Tim menyewa kapal kecil untuk dapat merapat ke kapal kayu yang kandas itu.

Dengan kapal kecil yang disewa Tim dapat langsung merapat ke kapal kayu ini dan langsung melakukan pemeriksaan, Tim tidak menemukan Nakhoda maupun Anak Buah Kapal ( ABK) dari pemeriksaan didapati kondisi kapal bagian mesin pada bagian Air Cooler diduga sengaja dirusak sehingga menyebabkan air masuk kebagian Palka bawah kapal dan Tim menemukan nama kapal yang sudah dibuka serta bendera Malaysia, kata Kepala BC.Bengkalis

Setelah mesin kapal temuan ini diperbaiki dan air yang masuk ke kapal ini dikuras, Tim membawa kapal ini ke kantor BC Selat Panjang dan dari hasil pemeriksaan yang ada didalam kapal didapati, 60 bags bawang putih ,230 bags.bawang merah, 250 Pieces ban motor, 4 pack.sabun cuci, 8 bags.snack Mi-Mi 2 pack. sarden merk TLC, 60 pack. tauco, 8 case kantong plastik merk Asoy, 5 bags. asam Jawa, 1 pack.pemutih pakaian, 1 pack sabun mandi, 2 pack minuman Cina, 90 pack kecap asin.

Untuk mendalami kegiatan penyelidikan keseluruhan barang bukti termasuk kapal dibawa ke kantor Bea dan Cukai Bengkalis,jelas Kepala Bea dan Cukai Bengkalis Ony Ipmawan.
WD. 016 
Komentar Anda

Berita Terkini