-->

Tim Gabungan Yustisi Pemkab Palas Gencar Melaksanakan Operasi Yustisi

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Operasi Yustisi untuk menegakkan Peraturan Bupati Palas Nomor 31 tahun 2020 di Simpang (4) empat WEK 1, Lingkungan I, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) masih terus dilaksanakan.

Petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Disperkimhub, Satpol PP maupun dari BPBD serta Dinkes Palas terus bekerja extra keras dalam melaksanakan penegakkan perbup.

Seperti yang dijelaskan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Palas (Kasat Pol PP dan Damkar) Kabupaten Palas Ronny Syaiful, S.Sos, MM., Tim Gabungan melaksanakan Operasi Yustisi dipusatkan di simpang empat lingkungan I dan dibagi menjadi 4 Tim.

Tim 1 melaksanakan operasi di Pintu keluar Pasar Pagi Aek Salak Lingkungan IV, Tim ke 2 di pintu keluar dari pusat pasar sibuhuan, untuk Tim ke 3 dipintu masuk dari arah padar latong menuju pasar sibuhuan sedangkan Tim ke 4 beroperasi di jalan keluar Asrama Haji Sibuhuan, lingkungan I dan lingkungan V kelurahan pasar Sibuhuan,”terangnya.

Semenjak digelarnya Operasi Yustisi yang dimulai pada tanggal 15 September 2020 yang lalu, sampai saat ini masih kita temukan warga yang tidak menggunakan masker saat berada diluar rumah. Sehingga mereka harus mendapatkan peringatan dan sanksi oleh tim gabungan yustisi Protokol Kesehatan Covid-19.”imbuhnya.

Dari operasi Yustisi hari ini Tim Gabungan melaksanakan penindakan kepada 53 orang pelanggar Perbup yang melintas di simpang empat lingkungan I tersebut. Sanksi yang kami berikan kepada 53 orang itu sanksi sosial berupa teguran, pengisian blanko pelanggaran dan untuk selanjutnya melaksanakan SANKSI SOSIAL (Pasal 7 ayat 4 PERBUP PALAS No 31 Th 2020) menyanyikan Lagu Wajib atau mengucapkan pancasila atau hukuman fisik (Push up paling sedikit lima kali) setelah itu pelanggar mendapatkan arahan (pembinaan) dari tim gabungan untuk mematuhi prokes COVID-19.

Untuk itu kami menghimbau kepada warga masyarakat agar dapat melaksanakan kebiasaan baru dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka menjadikan Padang Lawas menjadi zona hijau dan terbebas dari Covid-19.”tegas Ronny.

Petugas Gabungan dari Polri (Polres Palas) menyampaikan, bahwa kami dari TNI-Polri selalu siap dan bekerjasama dengan Instansi terkait untuk menegakkan Peraturan Bupati Palas Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Operasi yustisi pendisiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan ini dilakukan agar warga betul-betul disiplin mematuhi protokol kesehatan dan apabila ditemukan pelanggaran tidak memakai masker maka ada sanksi,”terang petugas di lokasi razia yustisi tersebut.

Sedangkan petugas gabungan dari TNI (kodim 0212/TS, Koramil 08/ Barumun) bahwa kami TNI akan selalu siap kapan saja membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Penanganan Covid-19 sebenarnya bukan hanya tanggungjawab TNI-Polri dan Pemerintah Daerah semata, melainkan tanggungjawab kita bersama, kita tidak akan berhasil melaksanakan penanganan covid-19 tanpa adanya kesadaran dan kepatuhan warga masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan.”pungkas petugas gabungan dari Koramil 08/Barumun. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini