-->

Tutup Diklat, Wakil Bupati Palas Minta Kades Komitmen Bangun Desa dengan Transparan

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Wakil Bupati Padang Lawas (Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, secara resmi menutup kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepemimpinan kepala desa terpilih periode 2019 – 2025, Kamis (15/10/2020), di Aula Masjid Agung Al Munawwarah, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan Diklat kepemimpinan yang diikuti oleh 99 kepala desa (Kades) terpilih berlangsung mulai 8-16 Oktober 2020, dengan menghadirkan narasumber dari Kemendagri Regional Sumatera dan pembekalan mental, serta disiplin dibimbing personel dari TNI Kodim 0212/TS.

Zarnawi mengatakan, kepala desa sebagai garda terdepan masyarakat.
Sehingga diharapkan dapat memahami tupoksi pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

Saat ini, pengawasan terhadap Kepala Desa semakin ketat tidak saja oleh lembaga pemerintahan tapi juga masyarakat." Sebut Wabup.

"Sehingga semua persoalan pada tingkat kebijakan dan administrasi harus benar-benar menjadi perhatian," ujarnya dalam penutupan diklat tersebut.

Menurutnya, sebagai upaya mewujudkan dan membentuk kualitas sumber daya manusia yang profesionalisme bagi aparatur pemerintahan desa.

Maka perlu dilakukan pembinaan melalui pelatihan yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, trampil dan bertanggungjawab sesuai dengan regulasi.

"Saya apresiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat yang telah menggelar diklat sebagai penguatan penjiwaan tentang kepemimpinan yang bersih bermartabat dan berintegritas," jelasnya.

Zarnawi pun meminta kepada para Kades, setelah mengikuti diklat ini harus membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam penyelenggaraan Pemerintahan ditingkat Desa.

Membangun desa harus secara transparan, akuntabel dan partisipatif demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP melalui Kasdim 0212/TS Mayor Inf Deddy Iskandar mengatakan, Untuk Kegiatan bimtek dan Diklat ini, wilayah kodim 0212/TS tahun ini telah melaksanakan, dan kita masih menunggu dari kabupaten lain, apakah masih ada diajukan kepada kita kerja sama untuk Bimtek yang disertai diklat oleh para kepala desa.

Dimana, Tujuan dari pelaksanaan kegiatan bimtek dan diklat kades ini, untuk meningkatkan mutu, kwalitas dan kepemimpinan seorang kepala desa, dalam membina atau membuat desa itu, menjadi desa yang maju sehingga desanya bisa diandalkan. Katanya.

Kegiatan diklat pemerintahan desa bisa menjadi kurikulum sebagai program unggulan, diklat kepada Kepala Desa ini menjadi hal yang pertama kali atau angkatan pertama di kabupaten Palas.

"Diklat Pemerintah desa bagi kepala desa belum dilakukan oleh Kabupaten lain yang belum melembagakan kegiatan tersebut, sehingga ke depan harus di SK kan bupati yang mewajibkan kades terpilih ikut diklat secara berkala," jelasnya.

"Membangun desa harus secara transparan, akuntabel dan partisipatif demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Disamping itu, Satu di antara peserta diklat, Hasan Basri selaku Kepala Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi yang juga mewakili peserta diklat kades lainnya,  merasa senang mengikuti kegiatan diklat.

Pasalnya banyak ilmu yang dapat kami peroleh dari aturan pemerintah sampai dengan wawasan kedisipilanan.

"Banyak ilmu yang kami dapatkan untuk bekal dalam memimpin desa, walaupun saya baru menjabat tapi penting kami dapatkan untuk diimplentasikan untuk kesejahteraan warga kami," ujarnya kepada wartawan.

Kami dari seluruh kades angkatan pertama ini, kami di didik dari kemendagri melalui sistem administrasi yang akuntabel dan transfaran serta dididik srcara fisik dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan oleh masyarakat sebagai kades, kami tetap semangat dalam menjalani pelatihan jiwa korsa ini dengan bimbingan militer oleh Kodim 0212/TS.

Dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak bupati, wakil bupati serta seluruh stokholder terkait dalam bimtek sekaligus diklat bagi kami kades angkatan pertama ini, pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasdim memberikan medali kepada 6 orang Kades sebagai Peserta terbaik Diklat Kepemimpinan tahun 2020, diantaranya Kades Parau Sorat Ibrahim Siregar, Kades  Hutalombang Edi Suwito, Kades Janji Matogu Erwinsyah Dana Harahap, Kades Rombayan Benny Sihombing, Kades Sialambue Akhiron Habibi Hasibuan dan Kades Pasar Panyabungan Khoiruddin Nasution.

Hadir pada penutupan Diklat, Wakil Bupati (Wabup) drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, Kasdim 0212/TS Mayor Inf Deddy Iskandar, Sekda Arpan Nasution S.Sos, Pabung Palas Kapten Inf Soleh Hasibuan, Pasi OPS Kodim 0212/TS Kapten Inf AM.Nasution, Kadis PMD Budiman Nasution, Kadis Infokom Drs.H.Marza Zennova MM, Kepala BKD Adi Putra Hasibuan, Ketua Lembaga LPMAP Sahri Raharjo Sitorus, Sekretaris PMD Faisal Amrin Siregar, Pengurus ApDes Palas. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini