-->

UPE BI Lirik Songket Khas Kabupaten Aceh Tamiang

HARIAN9 author photo


ACEH TAMIANG| H9
Ketua Dekranas Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MT  menerima kunjungan Unit Pengelola Ekonomi Bank Indonesia (UPE BI) dalam rangka  melihat secara langsung koleksi kerajinan, kegiatan berlangsung di Galeri Dekranas, pada Jum’at (09/10/2020). 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan, Aceh Tamiang memiliki motif songket yang unik dan cantik, tentunya keindahannya memiliki nilai estetika yang tinggi. Ada motif pucuk rebung yang merupakan lambang dari Aceh Tamiang itu sendiri, ada tampok manggis, susun sirih, awan berarak dan empat Datok,"jelasnya.

"Keseluruhan motif tersebut dibordir menjadi kain sonket tenun yang indah, melambangkan Bumi Muda Sedia  betuah. Namun tidak hanya itu, ada juga senjata tradisional, yaitu Tumbok Lada yang dihasilkan dari pengrajin Kampung Kebun Ubi Kecamatan Rantau, beberapa tas Rajut  terbuat dari eceng gondok,"terang Ketua Dekranas. 

Usai menunjukkan beberapa ruang workshop yang dipergunakan untuk kursus menenun songket. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan dalam kesempatan tersebut Ketua Dekranas memberikan cenderamata berupa Serbuk Jahe Merah yang diproduksi oleh Kampung Suka Jadi Kecamatan Rantau. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini