-->

Wabup Palas : Kades Harus Mampu Mendorong Iklim Demokratisasi di Masyarakat

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Kepala desa (Kades) harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan kewajiban dalam penyelenggaran pemerintahan desa, sehingga menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat berjalan baik.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi saat membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan awal masa jabatan kepala desa terpilih priode 2019 -2025 Kabupaten Palas, Kamis (08/10/2020) di Aula Masjid Agung Al Munawwarah Sibuhuan.

Menurut Zarnawi, seorang kepala desa harus paham perencanaan pembangunan desa, pengelola keuangan desa dan administrasi pemerintah desa. Sehingga dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam memajukan desa dan warganya.

Kata Wabup, kepala desa hendaknya bisa menumbuhkan kembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Diklat ini memberikan pengetahuan terhadap pemimpin desa untuk penyelenggaraan pemerintahan desa yang mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi dalam pastisipasi dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa. Kepala desa sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat harus memahami tugas, pokok dan fungsi pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya,” ujar Zarnawi.

Lebih lanjut Wabup Zarnawi  menjelaskan dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesionalisme bagi kepala desa, tentu perlu dilakukan pembinaan melalui pelatihan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan.

“Diklat ini sebagai penguatan penjiwaan tentang kepemimpinan yang bersih bermartabat dan berintegritas, “sebutnya

Selaon itu wabup berharap setelah mengikuti diklat kepemimpinan ini, bisa menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pola kepemimpinan desa dalam penyelenggaraan roda pemerintahan di tingkat desa secara transparan, akuntabel dan partisipatif demi kesejahteraan masyarakat. Pungkas Zarnawi. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini