-->

9,8 Kg Barbut Ganja Kering Dimusnahkan Polres Tapsel

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Satuan Reserse Narkotika dan Obat Terlarang (Sat Resnakoba) melakukan pemusnahan barang bukti (barbut) narkotika jenis ganja kering yang totalnya seberat 9.893.43 gram di Lapangan Futsal Wira Satya Polrwa Tapsel, kemarin.

Pemusnahan Barbut narkotika tersebut dipimpin Waka Polres Tapanuli Selatam Kompol H. Hasibuan, dihadiri Kasat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan AKP. Edy Sudrajat, SH, Plt Kasi Pidum Kejari Tapsel Yosernold Tarigan SH.MH, perwakilan advokad Bandaharo Saifuddin mewakili BNN Ronny Naungan Harahap dan dari Dinas Kesehatan Tapsel Fahruddin Siregar.

Usai pemusnahan Barbut, Waka Polres Tapanuli Selatam Kompol H. Hasibuan, mengatakan, Barbut narkotika jenis ganja yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan satu kasus narkotika pada nulan Juli 2020 lalu, dengan seorang tersangka ZS, warga Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel

" Pemusnahan ini merupakan komitmen Polri  khususnya Polres Tapanuli Selatan dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba dan perkaranya sudah dilimpahkan ke Penuntut Umum untuk segera menjalani persidangan, " ujar Wakapolres. 

Wakapolres menjelaskan, pemusnahan barbut ganja ini untuk menjawab keraguan masyarakat agar barbut narkotika harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

" Kami tidak main-main terhadap segala bentuk penyalahguna narkotika baik itu pengguna, pengedar bahkan bandar narkoba. Semua akan kami sikat dan tindak tegas dan bila perlu apabila ada yang melawan petugas kami, akan kami lumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur, " ungkapnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan AKP. Edy Sudrajat, SH melaporkan, ganja yang dimusnahkan tersebut seberat 9.893.43 gram yang merupakan hasil tindak kejahatan narkotika selama bulan Juli 2020, dengan seorang orang tersangka dan tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 sub Pasal 112 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

" Barang bukti narkotika golongan I dalam bentuk ganja kering siap edar itu dimusnahkan berdasarkan hasil labolatorium forensik Polri Cabang Medan yang menyatakan bahwa barang bukti tersebut bersifat terlarang atau dilarang untuk diedarkan, “ terang Kasat.

Kepala BNNK Tapsel AKBP. Drs. Tuongku Bosar Pane diwakili Ronny Ashar, SH, memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Tapanuli Selatan yang telah melakukan pemusnahan Barbut narkoba ini, sehingga masa depan anak bangsa banyak yang terselamatkan dari bahaya narkotika. 

“ Pemusnahan barang bukti narkotika secara transparansi ini adalah sebagai wujud komitmen bersama dalam pemberantasanpenyalahgunaan narkoba yang telah banyak meracuni generasi muda. Kegiatan ini harus kita hargai, mengingat narkoba adalah musuh bangsa yang paling besar dan untuk mengantisipasi ini mari kita bergandengan tangan, demi mewujudkan Indonesia khususnya Kabupaten Tapanuli Selatan yang bebas narkoba, “ kata Roni. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini