-->

Aliansi Mahasiswa Meminta Pemkab Paluta Cabut Izin Hotel Mitra Indah

harian9 author photo


PALUTA|H9
Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan aksi unjuk rasa damai di halaman kantor DPRD Paluta, Jumat (20/11).

Dalam tuntutannya, massa meminta Bupati Paluta untuk mengambil sikap agar menutup operasi hotel Mitra Indah Gunungtua karena diduga telah melanggar ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Massa menduga bahwa pihak hotel Mitra Indah Gunungtua membuang limbah mereka ke saluran irigasi yang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan oleh Ketua umum yang juga menjadi orator Herman Rambe juga menyebutkan bahwa massa juga meminta kepada DPRD Paluta agar segera memanggil pihak hotel Mitra Indah Gunungtua dan segera membentuk Pansud terkait dugaan tersebut.

“Kami juga meminta kepada bapak Kapolres Tapanuli Selatan agar segera memanggil dan 
memeriksa manajemen perhotelan atas dugaan pelanggaran dalam penggunaan air irigasi dan izin yang ada dari beberapa bangunan perhotelan tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya juga meminta kepala Dinas Perizinan kabupaten Paluta agar segera mencabut izin operasi hotel Mitra Indah Gunungtua karena diduga telah melanggar beberapa peraturan pemerintah RI nomor 77 tahun 2001 tentang irigasi.

Dalam babnya menjelaskan bahwa penyerahan pengelolaan irigasi adalah Perlimpahan hak, wewenang dan tanggung jawab dari pemerintah daerah kepada perkumpulan petani yang memakai air untuk mengatur pengelolaan irigasi dan pembiayaan di wilayah kerjanya.

“Kami menduga pihak hotel Mitra Indah Gunungtua telah melakukan pencemaran limbah terhadap aliran irigasi yang digunakan oleh warga terutama petani,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya meminta agar izin hotel Mitra Indah Gunungtua dicabut sebagai sanksi atas dugaan pelanggaran tersebut.

Setelah melakukan orasi sekitar satu jam, massa diterima oleh anggota DPRD Paluta yakni Siramuddin Harahap didampingi Jaharuddin Siregar dan Samsuddin Harahap.

Menanggapi tuntutan massa tersebut, Siramuddin Harahap menyebutkan bahwa segala tuntutan ini akan ditindak lanjuti oleh pihaknya sesegera mungkin.

“Tuntutan adik-adik akan kita tindak lanjuti dan selanjutnya akan kita koordinasikan dengan pihak Pemkab Paluta dalam hal ini salah satunya adalah Dinas Perizinan,” sebutnya.

Mendengar jawaban tersebut, massa mengucapkan terima kasih dan membubarkan diri dengan tertib serta berjanji akan kembali melakukan aksi jika tidak ada tindaklanjut tuntutan mereka ini.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini