-->

Beri Kemudahan Kepada Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi PLN Mobile

harian9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Untuk meningkatkan dan memudahkan pelayanan kepada pelanggan PT PLN (Persero) mulai meluncurkan aplikasi berbasis Android di Google Play Store yang dapat diunduh melalui telepon pintar, dengan nama ‘PLN Mobile’.

" PLN Mobile ini merupakan wujud inovasi dan layanan pusat kontak (contact center) ‘PLN 123’ dan ‘PLN Mobile’ ini juga terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T), " ujar Manager PT PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Padangsidimpuan Kota Deppin Samsuri Harahap didampingi Kepala Supervisor Pelayanan Pelanggan Asni Siti Ratnasari Senin (16/11/2020).
 
Menurut Deppin, dengan aplikasi ‘PLN Mobile;, maka pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi tagihan, pemadaman, maupun layanan PLN. Selain itu, pelanggan juga dapat mudah menyampaikan keluhan atas gangguan kelistrikan yang terjadi.

" Layanan bagi pelanggan PLN ini diharapkan dapat mendukung perbaikan tata kelola pengaduan dan keluhan pelanggan menjadi lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur, “ ujar Deppin.
 
Deppin mengatakan, lewat ‘New PLN Mobile’, PLN ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan, tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, dan aplikasi ini juga lebih inovatif dari sisi tampilan dan kemudahan penggunaan. Pembelian token listrik, pasang sambungan baru, tambah daya, atau membayar tagihan, tidak perlu ke mana-mana lagi, cukup melalui aplikasi tersebut.

 “ Kami menyadari listrik merupakan motor penggerak roda ekonomi. Kehadiran listrik akan mendorong produktifitas dan meningkatkan kesejateraan masyarakat 75 tahun PLN telah hadir, berjuang menerangi Indonesia, memajukan Bangsa, " ucapnya
 
Kepala Supervisor Pelayanan Pelanggan Asni Siti Ratnasari menambahkan, sejumlah fitur dalam aplikasi ‘PLN Mobile’ antara lain cek tagihan dan riwayat token, simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara; permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, informasi tarif listrik terkini dan cek status pengaduan.
 
“ Melalui semangat transformasi, aplikasi ‘New PLN Mobile’ ini merupakan layanan terintegrasi bagi pelanggan PLN dan ke depan, fitur yang akan muncul seperti layanan menghubungi PLN 123 tanpa melalui telepon, tetapi menggunakan voice over internet protocol (VOIP) dan juga info pemeliharaan, sehingga pelanggan dapat mengetahui alasan mengapa pemadaman terjadi, “ tambahnya.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa di aplikasi yang sudah diperbarui tersebut, pelanggan bisa mendapatkan lebih awal notifikasi bila ada pemutusan jaringan listrik karena pemeliharaan. Notifikasi itu dicustomized hanya kepada pelanggan yang terdampak saja.
 
“ PLN melakukan terobosan ini, supaya pelanggan dan masyarakat pengguna listrik memiliki pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya dan PLN juga menggunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat, “ tegasnya.
 
Disamping itu, dari aplikasi yang sama, pengaduan gangguan juga cukup dilaporkan menggunakan aplikasi. Bila ada petugas PLN yang akan melayani, posisinya sudah sampai di mana, berapa lama lagi akan tiba, semua dapat dilacak dari aplikasi ini.
 
“ PLN juga menggunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat. Dari aplikasi yang sama, pengaduan gangguan juga dilaporkan menggunakan aplikasi. Bila ada petugas PLN yang akan melayani, posisinya sudah sampai di mana, berapa lama lagi akan tiba, semua dapat dilacak dari aplikasi ini, “ tuturnya. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini