-->

Bupati Palas Pasangkan Masker pada Pengunjung Pasar

harian9 author photo


PALAS| H9
Sejak munculnya Virus corona tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga berdampak pada perekonomian dan berkurangnya produktifitas masyarakat yang dikhawatirkan pula berdampak pada sisi keamanan.

Berbagai upaya pemerintah untuk menstabilkan kondisi pada segala bidang dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 telah dilakukan dengan melaksanakan Operasi Yustisi sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020 dan perbup nomor 31 tahun 2020 serta terus memberikan Himbauan, menerapkan sistem protokol kesehatan serta pembagian masker yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Palas untuk mendukung program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Berbagai instansi pemerintahan TNI-POLRI-POLPP dan instansi terkait lainnya berjibaku melaksanakan operasi Yustisi mendisiplinkan masyarakat tentang protokol kesehatan dalam menanggulangi persoalan yang terjadi di berbagai daerah bahkan seluruh indonesia demi memulihkan kondisi dalam melawan pandemi covid-19.

Tidak tanggung-tanggung, Bupati Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO). juga terlibat langsung dalam aksi sosial tersebut. Ia juga berinteraksi dengan masyarakat yang mendapatkan masker gratis. Bahkan turut serta membantu memakaikan masker kepada warga di Pusat Pasar Tradisional Sibuhuan. Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) berpesan agar kearifan lokal menjadi modal bagi masyarakat yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan .

Dengan kearifan lokal menjadi jati diri bagi kita untuk selalu mematuhui protokol kesehatan dalam peran serta membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid -19.

Demikian Pesan Bupati, disampaikan  didalam acara sosialisasi Perbup, 31 Tahun 2020 tentang protokoler kesehatan sekaligus bagi-bagi masker dengan warga dilokasi pusat Pasar Tradisional Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Dengan kearifan lokal yang ada akan menjadi modal bagi masyarakat untuk dapat mempertahankan adat istiadat. Sejalan dengan itu mari kita patuhui protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid -19 ditengah masyarakat agar membiasakan diri menuju adaptasi kebiasaan baru ,"ujar Bupati TSO mengajak masyarakat untuk penerapan prokes, Selasa (17/11/2020) 

Bupati juga mengungkapkan, tugas kita semua dalam berpatisipasi mendukung anjuran pemerintah agar mematuhui anjuran pemerintah sejalan dengan  kearifan lokal yang selalu dipertahankan dan mengajarkan ke generasi penerus agar budaya lokal tetap dilestarikan.

“Kita boleh ikut modernisasi tapi juga ada yang tidak boleh memodifikasi yaitu adat, budaya dan kultur, maka itu kita pertahankan,”kata Bupati Palas.

Tak hanya itu, Bupati Ali Sutan (TSO)  juga meminta, masyarakat  untuk menjaga stabilitas ekonomi ditengah pandemi Covid -19 saat ini, agar selalu menjaga kekondusifan yang memberikan rasa aman dan nyaman.

“Saya tidak bosan-bosan menghimbau masyarakat selalu menjunjung tinggi kearifan lokal, mari kita  tingkatkan peran serta membantu pemerintah untuk penerapan disiplin Prokes sesuai anjuran pemerintah ,” harapnya

Disamping itu, Bupati mengingatkan
“Bahwa pentingnya menjalankan protokol kesehatan di tengah AKB agar terhindar dari terpaparnya Covid-19 dan menghimbau kepada warga masyarakat agar menerapkan 3M dan 1 T yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun ” pungkasnya. (WD41) 

Komentar Anda

Berita Terkini