-->

Bupati Palas Pimpin Apel Siaga Bencana Alam

harian9 author photo


PALAS| H9
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas ( Palas) laksanakan Upacara apel kesiagaan antisipasi Bencana Alam Tahun 2020.

Bupati Padang Lawas (Palas) H. Ali Sutan Harahap, memimpin gelar Apel kesiapan Penanggulangan Bencana alam Tahun 2020, bersama instansi terkait, yang dipusatkan di Halaman Mako Polres Palas, Jalan Lintas Sibuhuan-Sosa, Bulusonik, Kecamatan Barumun. Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Senin (09/11/2020) sekira pukul 09:00 WIB. Sampai selesai.

Dalam kegiatan ini turut hadir apel Siaga Bencana Alam, Wakil Bupati Palas. drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, Kapolres AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK, Wakapolres Palas. Kompol JW sijabat,  Koramil 08/Barumun Kapten Arh. Saleh Hasibuan, sekaligus Perwira Penghubung Kodim 0212/ TS, Kepala BPBD Palas, H. Mhd Hamka Harahap, Kadis Sosial Bustami Harahap, S.Sos, Kadis Kominfo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Palas (Kasat Pol PP dan Damkar) Kabupaten Palas Ronny Syaiful, S.Sos, MM.

Selain itu hadir juga Para Kadis OPD Palas lainnya, Barisan Personil, Para PJU Polres Palas, Barisan Personil Polres Palas, Barisan Personil Koramil 08/Barumun Kodim 0212/TS, Barisan Mitra Polri, Barisan Satpol PP dan Damkar Palas, Barisan pengurus, anggotaTagana Dinsos Palas. Serta undangan terkait lainnya.

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap. dalam sambutan menyampaikan bahwa maksud tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiapan siagaan penanggulan bencana alam di Kabupaten Padang Lawas.

"Melihat perkembangan situasi bencana alam sebelumnya, bayak kejadian bencana alam yang menjadi perhatian kita bersama. Karena bencana alam yang dapat menimbulkan beberapa permasalahan yang mengakibatkan masyarakat mengungsi, fasilitas umum jadi rusak, dan rumah warga bahkan menimbulkan korban jiwa,” kata Bupati Palas

Ali sutan mengatakan, dikabupaten Palas kita ini, memiliki indeks resiko bencana alam yang cukup tinggi, apalagi saat ini ditambah daerah kita ini, musim penghujan yang diprediksi puncak curah hujannya pada bulan januari dan februari  tahun 2021.

“Perlu diwaspadai bencana alam seperti angin kencang. Mengingat letak geografis Mabupaten Palas terbentang di pegunungan Bukit Barisan yang rawan akan tanah longsor, “kata Bupati seraya mengingatkan melihat perkembangan situasi bencana alam sebelumnya, banyak terjadi bencana alam untuk menjadi perhatian bersama.

Bencana alam dapat menimbulkan beberapa permasalahan seperti memaksa masyarakat untuk mengungsi, rusaknya fasilitas umum dan rumah warga. Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa, “Tutur Ali Sutan seraya mengingatkan agar Tagana untuk tetap ingatkan masyarakat tetap waspada, terutama di sepanjang Sungai Sosa dan Barumun. ujarnya.

“Mencermati hal itu ditambahkan Bupati, perlu melakukan langkah–langkah yang proaktif untuk membantu masyarakat yang bisa terkena bencana. Sebagaimana tugas Polri melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban atau bencana, termasuk memberikan bantuan dan pertolongan.,”jelasnya.

Untuk itu, Menteri Desa Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi  juga telah memerintahkan para kepala desa beserta perangkatnya agar melakukan langkah antisipasi dengan langkah melakukan pembersihan saluran air, mendata warga yang tinggal di lokasi rawan bencana.

Dan menyediakan lokasi penanganan korban bencana untuk memudahkan dan mempercepat proses evakuasi. Namun penanganan korban bencana juga tetap memerhatikan protokol kesehatan. Bupati menambahkan bencana bisa terjadi kapan saja, karena itu kita harus tetap tanggap dan siaga. Pemkab Palas juga telah membentuk desa siaga dan tanggap bencana (Destana) di Kecamatan Sosopan

Sementara itu, Kapolres Padang Lawas AKBP Jarot YA. SIK melalui Kabag OPS Kompol, Aswin Noor Nasution, menjelaskan, bahwa Personil Polres Padang Lawas siap siaga 24 jam, untuk melayani Masyarakat.

“Apalagi tugas Polri termasuk melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda masyarakat, apalagi yang namanya kejadian bencana alam, kita harus secepatnya memberikan pertolongan,” ungkap Aswin.

Kita harus hadir ditengah masyarakat dalam kejadian bencana alam dan harus mampu mengembalikan traumatik para korban bencana sebagai bukti kesiapan kita dalam penanganan bencana alam di Kabupaten , pungkas Kabag Ops Polres Palas. Kompol Aswin Noor Nasution.

Selanjutkan usai pelaksanaan upacara Siaga Bencana dengan sesi Foto Bersama hingga berlangsung dalam keadaan aman dan kondusif. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini