-->

Bupati Paluta Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana Tahun 2020

HARIAN9 author photo



PALUTA| H9

Sebagai bentuk upaya dan kesiap siagaan dalam penanggulangan bencana, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta)menggelar Apel Gabungan Siaga Bencana Tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati Paluta, Selasa (10/11).

Apel Gabungan Siaga Bencana Tahun 2020 yang dipimpin oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diikuti oleh Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH, mewakili Dandim 0212/TS, Danyon C Brimobdasu, ketua DPRD Paluta, pimpinan OPD Paluta, camat, personil TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, personil BPBD Paluta, petugas kesehatan kabupaten Paluta beserta undangan lainnya. 

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam amanat tertulisnya menyampaikan, bahwa apel siaga bencana tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dari pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri serta seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bersama,  sejumlah daerah  di Indonesia baik di Pulau Jawa, Sumatera dan di daerah lainnya telah terjadi bencana banjir, tanah longsor, angin topan dan berbagai bencana alam lainnya yang dipengaruhi oleh perubahan iklim yang ekstrim,” terangnya.

Dikatakannya, Perubahan cuaca dan iklim yang belakangan hari ini begitu ekstrim yang disebabkan oleh beberapa hal, mengakibatkan banyaknya potensi bahaya dan ancaman bencana yang semakin kompleks.

Untuk itu, perlu dilakukan kerjasama dan sinergitas dalam penanganan bencana dengan seluruh unsur baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya.

“Bencana adalah tanggung jawab kita bersama, maka kita harus bekerjasama untuk mencegah dan menanggulangi bencana tersebut agar tidak terjadi dan membawa dampak kerusakan serta kerugian khususnya bagi masyarakat di daerah kabupaten Paluta,” katanya.

Oleh karena itu, Bupati menghimbau kepada seluruh personel yang akan melaksanakan tugas agar selalu menyiapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan masyarakat yang optimal.

Kemudian, ia meminta agar dapat memetakan lokasi rawan bencana alam di wilayah Kabupaten Paluta serta selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah antisipasi. 

“Selalu siaga secara mental dan fisik, tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak terutama TNI/Polri, instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan media, guna pencegahan dan penanggulangan bencana alam yang optimal,” tegasnya.

Pantauan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH beserta undangan lainnya melakukan peninjauan atas kesiap siagaan seluruh personil dan peralatan siaga bencana kabupaten Paluta.(WD-009)
Foto : Bupati Paluta Andar Amin
Komentar Anda

Berita Terkini