-->

Bupati Sambut 3 Putra POLBIT Palas yang Lulus Seleksi PTDI-STTD Bekasi

harian9 author photo


PALAS|H9
Prestasi gemilang di dunia pendidikan Kabupaten Padang Lawas, (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus menampakkan hasil. Setelah 3 putra daerah itu diterima masuk sebagai Calon Taruna Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) Bekasi lingkup Kementerian Perhubungan RI, kali ini sebanyak 3 orang Calon Taruna Pola Pembibitan (POLBIT) Kabupaten Padang Lawas dinyatakan lulus seleksi Calon Mahasiswa Taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Lingkup Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2020/2021.

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap menyatakan bangga atas keberhasilan 3 putra putri daerah yang lulus seleksi masuk STTD tahun 2020 tersebut.

“Untuk itu, ini kali kedua dari MoU kita dengan STTD yang ada di Bekasi, dari jatah 3 malah masuk 3”, ungkap bupati saat menerima silaturahmi calon taruna dan orang tua calon taruna di Aula pendopo Rumah Dinas Bupati Palas Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Selasa (03/11/2020).

Bupati berharap mereka dapat menyelesaikan pendidikan di STTD dengan baik. Setelah lulus bisa mengabdikan ilmunya di Palas khususnya dibidang perhubungan.

“Kita sangat butuh tenaga yang kompetensi di bidang perhubungan,” tukasnya.

Sementara itu Kadis Perkimhub Palas Ir. Abdullah Nasution didampingi Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana (Sarpras) Supriyo, S. Tr. kepada wartawan Rabu (04/11/2020) membenarkan kelulusan 3 calon taruna tersebut berdasarkan pengumumam resmi Sistem Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar).

"Sebenarnya sudah berjalan sejak Tahun 2018, sudah menandatangi MoU dengan PTDI-STTD yang berada di Bekasi untuk kedua kalinya.Tentang peningkatan pembangunan di kabupaten palas melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi STTD Nomor : HK.201/3/PTDI-STTD/2020". Ujar Kadis Perkimhub palas.

Dijelaskan Kadisperkimhub, Kabupaten palas membuka kuota untuk tiga orang, dan benar tiga orang yang sudah lolos putra daerah, namun satu orang atas nama Refki Tamado Harun Nasution, yang ditarik oleh polbit kementerian perhubungan RI, sehingga hanya dua orang yang terisi untuk polbit daerah kabupaten palas.

Dari itu, untuk menjaga agar kuota tetap tiga orang, Kementerian Perhubungan RI menempatkan satu orang yang bukan dari daerah palas, jelas Abdullah.

“3 orang yang lulus seleksi tersebut yakni, satu orang Prodi D-III MTJ, atas nama Wira Subagu Hasibuan, asal desa Sialambue, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Abdillah Nasution, Prodi D-IV Transportasi asa desa Sigalapung Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas. Dan Refki Tamado Omar Harun Nasution, Prodi D-IV Juga di Transportasi asal Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.”, terang Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana (Sarpras) Disperkimhub Palas Supriyo, S. Tr. yang juga didampingi Kadis Perkimhub Palas Ir. Abdullah Nasution.

Supriyo mengatakan, hal ini sesuai dengan pengumuma kementerian perhubungan RI nomor : PG.14/BPSDM/2020 tanggal 28 Oktober 2020, dan proses pembibitan Calon Taruna tersebut cukup panjang. Dimulai dari sosialisasi pendaftaran peserta hingga tes terakhir tahun 2020 ini.

“Selama itu pula pendampingan dan pembekalan para calon terus dilakukan oleh Disperkimhub Kabupaten Palas dengan melibatkan instansi terkait lainnya”, katanya.

Hal yang membahagiakan dan patut disyukuri lanjut Supriyo, di mana jumlah yang diterima masuk atau lulus seleksi dari kuota yang telah diberikan. Hingga saat ini Pemkab Palas telam memvibitksn SDM di polbit kementerian perhubungan RI sebanyak 10 orang putra putri Pemkab Palaa,  kata Supriyo.

"Dengan rincian kesepuluh orang tersebut, 1 orang  dijurusan D.II PKB, 3 orang jurusan D-IV Transportasi dan 6 orang Jurusan D-III MTJ”, bebernya.

Keberhasilan tersebut adalah buah dari komitmen Pemkab Palas dalam hal ini Bupati Palas yang melakukan kerjasama Memorandum Of Understanding (MoU) dengan STTD Bekasi itu melalui Disperkimhub Palas.

Langkah ini diambil dan dilakukan oleh Pemkab Palas, guna persiapan sumber daya manusia. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini