-->

Dandim 0212/TS dan Kapolres Padangsidimpuan Pimpin Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Prokes

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/Tapanuli Selatan (TS) Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, SIP, memimpin secara langsung operasi yustisi penerapan pendisiplinan masyarakat dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 di Kota Padangsidimpuan. Pendisiplinan ini diterapkan dengan cara-cara yang humanis, Sabtu (7/11/2020) malam.
 
Operasi yustisi diawali dengan apel gabungan di Halaman Bolak Kota Padangsidimpuan yang di hadiri Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK, MH, mewakili Danyon Inf 123/Raja Wali, mewakili Kepala Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan  dan Kakan Satpol PP Kota Padangsidimpuan Ibrahim Dalimunthe.
 
Operasi yang digelar aparat gabungan ini juga melibatkan personil yang terdiri dari  satu pleton prajurit TNI dari Kodim 0212/TS, satu regu prajurit TNI dari Yonif 123/RW, 2 pleton personil Polri dari Polres Kota Padangsidimpuan, 2 pleton personil Satpol PP Kota Padangsidimpuan dan satu regu personil Dinas Perhubunga Kota Padangsidimpuan.
 
Adapun sasaran operasi meliputi Depan Pos Lantas Polres Kota Padangsidimpuan  Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Tugu Salak Kelirahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Tugu Siborang Kelurahan Wek V Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Jalan Mesjid Raya (Shelter Cofee Mandailing) Keluarahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Jalan Kenanga Kelurahan Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.
 
Dalam operasi tersebut, petugas tetap mengedepankan pendekatan humanis atau kemanusiaan saat melakukan penegakan disiplin Prokes di Kota Padangsidimpuan dan menghimbau masyarakat dengan kesadaran sendiri menerapkan secara disiplin Prokes 3 M, yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dari kerumunan.
 
Pihaknya juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat maupun pengendara yang melintas untuk selalu menggunakan masker meskipun saat mengendarai sepeda motor maupun saat berada di dalam mobil, menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah apabila tidak penting dan selalu menggunakan masker, selalu hidup bersih serta sesering mungkin mencuci tangan dengan air yang mengalir, bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mengikuti Prokes dan sama-sama mensosialisasikan Perwal No 28 tahun 2020 di wilayah Kota Padangsidimpuan.
 
Disamping itu, pelanggar Prokes dengan tidak menggunakan masker maupun menggunakan masker namun tidak sesuai ketentuan yang terjaring petugas dilakukan pendataan serta memberikan teguran secara humanis, belum sampai penindakan seperti sanksi.
 
Pada kesempatan itu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, SIP, didampingi Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK, MH mengatakan operasi yustisi yang melibatkan personil gabungan gabungan ini bertujuan menindaklanjuti Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) di Kota Padangsidimpuan.
 
“ Upaya penegakan hukum yang digelar oleh aparat gabungan melalui operasi yustisi penegakan disiplin Prokes ini hendaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, “ ujar Letkol Rooy Chandra.
 
Dikatakannya juga bahwa institusi TNI dan Polri sangat mendukung dan berperan secara aktif dalam membantu upaya Pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19.
 
“ Kami berharap upaya penegakan hukum yang digelar aparat gabungan, melalui operasi yustisi penegakan disiplin Prokes ini hendaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19, “ terangnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini