-->

Dandim 0212/TS Sebut Peran Pers Di Masa Covid-9 Wujud Bela Negara

harian9 author photo


PADANGSIDIMOUAN| H9
Komandan Distrik Militer (Dandim), 0212/ Tapanuli Selatan (TS), Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing S.I.P mengatakan, semua komponen bangsa dituntut untuk ikut berperan aktif dalam penanganan Covid 19 atau virus corona karena peran aktif itu merupakan wujud dari bela negara. 

Hal tersebut disampaikan Dandim 0212/ TS, Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.I.P pada acara silaturrahmi jajaran Kodim 0212/TS dengan insane pers se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang merupakan wilayah kerja Kodim 0212/TS di aula Daulay-Simorangkir Makodim 0212/TS Jalan Imam Bonjol, Kota Padangsidimpuan, Kamis (5/11/2020).
 
Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut dihadiri Perwira Seksi (Pasi) Intel Kodim 0212/TS Kapten Inf MS Nasution, Pasi Teritorial Kapten Inf Adenan Pane para prajurit Kodim 0212/TS, Ketua Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Tabagsel Sukri Falah Harahap, setrta insane pers dari media cetak, online, elektronik dan radio se Tabagsel yang berjumlah sekira 70 orang.
 
Lenih lanjut Dandim mengatakan acara silaturrami sekaligus coffee morning tersebut merupakan ajang Komunikasi Sosial (Komsos) dengan kalangan media yang merupakan bagian dari komponen bangsa yang ada di wilayah Teritorial Kodim 0212/TS terdiri dari 5 Kabupaten / Kota yakni, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Padanglawas (Palas).
 
“ Saat ini negara terancam Covid 19 yang tidak terlihat dan korbannya sudah banyak. Untuk itu seluruh komponen bangsa harus ikut berperan serta dalam penanganan Covid 19 sebagai wujud bela negara, ” kata Dandim 0212/TS, Letkol. Inf. Rooy Chandra.
 
Terkait dengan wabah Covid-19 yang melanda dunia, Indonesia khususnya di Tabagsel, Dandim memaparkan, sesuai data yang telah diterima pihaknya dari Gugus Tugas se Tabagsel, hungga Rabu (4/11/2020) pukul 18.00 Wib, sebanyak 732 warga Tabagsel terkonfirmasi Covid-19, yang mana 598 diantaranya dinyatakan telah sembuh dan 23 meninggal dunia. Sementara yang masih dinyatakan positif Covid-19 ada 111 orang lagi.
 
“ Setiap hari, kami menghimpun data perkembangan Covid-19 dari 5 daerah tersebut. Jika ditotal, jumlah yang sudah terkonfirmasi positif mencapai 732 orang. Namun, saat ini warga Tabagsel positif Covid-19 tinggal 111 lagi yang belum sembuh dan masih menjalani isolasi serta perobatan, karena 598 orang telah dinyatakan sembuh dan 23 lagi telah meninggal dunia, “ katanya.
 
Dandim merincikan, adapun kondisi perkembangan Covid-19 per daerah yang diterima pihak Kodim 0212/TS yakni, di wilayah Kabupaten Tapsel positif 107 orang dengan rincian aktif 8 orang, meninggal dunia 4 orag dan sembuh 95 orang. Kabuparen Madina, positif 271 orang dengan rincian aktif 23 orang, meninggal dunia 5 orang dan sembuh 243 orang. Di Kota Padangsidimpuan, positif 219 orang, dengan rincian aktif 41 orang, meninggal dunia 8 orang dan sembuh 170 orang.
 
Di Kabupaten Palas, positif 54 dengan rincian aktif 34, meninggal 5 dan sembuh 15 orang dan Di Kabupaten Paluta, positif 81 orang dengan rincian aktif 5 orang, meninggal dunia 1 orang dan sembuh 75 orang.
 
Dandim juga menyatakan, TNI di Tabagsel cukup pro aktif bergandeng tangan bersama pemerintah daerah, Polri dan masyarakat, dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Karena selain menjadi contoh dalam penerapaannya, prajurit nya juga gencar memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan protocol kesehatan kepada masyarakat.
 
“ Prajurit di lapangan didorong untuk menjadi contoh bagi warga, termasuk menginisiasi pembuatan sarana cuci tangan dan mengimbau agar menjaga jarak serta menghindari kerumunan, agar tetap memakai masker saat berada di luar rumah, kita telah bagikan banyak masker kepada masyarakat di Tabagsel, ” kata Dandim 0212/TS.
 
Letkol Rooy Chandra juga menambahkan, Undang-undang Dasar (UU 45) menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib dalam upaya bela negara. Untuk itulah Kodim 0212/TS mengadakan silaturrahmi dengan mengundang seluruh wartawan dengan maksud menyampaikan harapan-harapan, khususnya kewajiban kita dalam mewujudkan bela negara.
 
“ Tugas jurnalis atau pers menyampaikan komunikasi dan informasi kepada public terutama di masa Covid-19, yang merupakan salah satu wujud bela negara yang diperankan awak media, “ paparnya.
 
Dandim juga menyampaikan, dewasa ini peran pers dalam penanganan Covid-19 sangat strategis dimana pers berjuang mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain itu pers juga berupanya besar untuk mendorong perubah prilaku masyarakat. “ Terima kasih pada insan pers yang ada di Tabagsel atas atensinya dalam memberikan edukasi penanganan Covid-19, “ katanya.
 
Ketua PWI Tabagsel, Sukri Falah Harahap dalam sambutanya mengaku mendapat kehormatan, bahkan merasa terapresiasi, lantaran TNI AD ternyata mampu menjaga harmonisasi dengan kalangan pers di Tabagsel.
 
Sukri Falah mengatakan, selama ini dari tahun ke tahun hubungan komunikasi dan kerjasama antara TNI khususnya Kodim 0212/TS dengan awak media sungguh berjalan dengan baik. Wartawan di daerah ini selalu diberi arahan dari Kodim 0212/TS.
 
“ Oleh sebab itu, harmonisasi ini diharapkan bisa dipertahankan, terlebih Letkol Inf. Rooy Chandra sudah terbiasa dalam berinteraksi dengan media di Tabagsel sejak menjabat Komandan Bataliyon Infantri 123/Rajawali sebelumnya. Untuk itu, terimakasih kepada Komandan Kodim 0212/TS yang telah menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Tabagsel, yang antara lain melibatkan pers dalam prosesnya, ” kata Sukri Falah.
 
Dia menyampaikan rasa syukurnya selama di bawah komando Letkol Inf. Rooy Chandra baik sebagai Danyon 123//Rajawali maupun sebagai Dandim 0212/TS tidak ada konflik yang terjadi antara pers dengan kalangan prajurit TNI-AD.
 
Sukri Falah mengakui, dalam pemberitaan yang beredar, kritik-kritik tajam terkadang menyasar kepada prajurit-prajurit Kodim 0212/TS. Tetapi sebagai salah seorang yang aktif di dunia jurnalistik dan memimpin organisasi wartawan, Sukri Falah menjelaskan fungsi pers sangat jelas diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999.
 
“ TNI punya Undang Undang, Polri punya Undang Undang, dan Pers juga punya Undang Undang. Nah, ini jangan menjadi saling bersentuhan yang terjadi secara negatif dan apalagi saling melecehkan. Bagi kami sebagai wartawan, TNI itu adalah pelindung kami, ” tegasnya.
 
Terkait organisasi PWI, Sukri Falah mengatakan, saat ini terus berbenah terutama dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kalangan jurnalis khusus anggota PWI melalui pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang sudah berlangsung sejak tahun 2011.
 
Target yang diharapkan dari pelaksanaan UKW itu adalah seluruh pekerja pers memiliki kompetensi yang benar teruji dalam menyiarkan berita, khususnya wartawan yang sering memberitakan hal-hal yang terkait dengan Kodim 0212/TS sejak sekarang hingga di masa-masa mendatang.
 
“ Banyak hal memang dalam apa yang ditemukan wartawan itu benar. Namun jika itu menyangkut pertimbangan yang lebih besar, khususnya terkait SARA dan keutuhan NKRI yang dapat menyulut provokasi, kiranya jangan dilanjutkan. Ini yang memang kita fokus,” ujarnya.
 
Mewakili wartawan media online Khairul Arif Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0212/Ts yang telah mengadakan pertemuan ini. “ Semoga ini jalinan silaturahmi yang lebih erat,” katanya.
 
Mewakili wartawan media cetak Tohong Pangundian Harahap mengatakan bahwa media tidak terlepas dengan tugas TNI. Di masa pandemi ini media harus hadir mennyejukan sehingga peran TNI tidak menjadi sulit. “Rangkul kami sebagai media agar sinergitas lebih terbangun dengan baik,” katanya.
 
Mewakili wartawan media elektronik Sulaiman Siregar, mengatakan bagaimana kita sama-sama berjuang dalam masa pandemi Covid-19 ini, ” Cerita inspiratif Babinsa yang patut menjadi tauladan dimasa pandemi ini, ” ungkapnya.
 
Kapten Inf. Adnan Pane Pasiter Kodim 0212/Ts dalam laporannya tujuan menjalin hubungan harmonis semua komponen masyarakat. “ Kegiatan silaturahmi ini bagian dari terwujudnya komponen bangsa untuk berpartisipasi dalam pertahanan negara kesatuan republik Indonesia, ” katanya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini