-->

Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Tapsel

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Ruas jalan di Dusun Purba Sinomba Tua Desa Marsada Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), tertimbun tanah longsor saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, Kamis (12/11/2020), sekira pukul 03.00 Wib, akibatnya, arus lalu lintas kendaraan dari dua arah tersendat.

Sementara puluhan personil TNI, Polri, BPBD Tapsel yang dibantu masyarakat di terjunkan ke lokasi bencana dengan bergotong royong membersihkan material longsor dari badan jalan agar arus lalu lintas dapat secepatnya pulih kembali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapsel dan Polsek Sipirok, material tanah longsor dari tebing berguguran yang mengarah ke ruas jalan utama yang merupakan jalan nasional yang membentang di daerah tersebut.

" Dari laporan Relawan Tangguh Bencana setempat, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor. Kejadiannya (longsor) di picu oleh intensitas curah hujan yang tinggi saat itu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut, " kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Tapsel H. Ilham Suhardi, SH didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel Hormatua Rambe saat di konfirmasi di lokasi longsor.

Disebutkannya, material tanah longsor yang menutup jalan memang sempat menghambat arus kendaraan di jalur utama tersebut. Namun petugas gabungan dari berbagai elemen seperti BPBD, Polri, TNI, warga, sigap membersihkan material longsor dengan menggunakan alat seadanya.

" Saat ini, jalan sudah dapat dilalui kembali kendaraan roda dua maupun roda empat. Alhamdulillah, semua berjalan lancar berkat kerja sama antara warga dan pihak-pihat terkait lainnya, " sebut Ilham.

Terpisah, Kapolres Tapanuli Selatan Roman Smaradhana Elhaj  SH,SIK,MH melalui Kapolsek Sipirok Iptu. Ismaya menambahkan terdapat satu titik tanah longsor yang materialnya menutup jalan. Tanah longsor berasal dari tebing yang ambruk diduga akibat terus-menerus diguyur hujan.   

" Di wilayah Sipirok ada satu titik longsor  tepatnya di jalan raya utama dan sekarang sudah bisa di lalui oleh kenderaan dari dua arah khususnya kenderaan rodacdua, untuk truk dan mobil bus besar tidak dapat melintas.
Pembersihan material tanah longsor melibatkan personil TNI, Polri, BPBD Tapsel dan masyarakat dengan cara manual dan bergotong royong, " terang Kapolsek. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini