-->

Hujan Turun, Bobby Nasution Blusukan Temui Warga Pinggiran Sungai Bekala dan Pasar

harian9 author photo


MEDAN| H9
Walaupun dalam kondisi diguyur hujan. Calon Wali Kota Medan nomor 2 Bobby Nasution tetap melakukan blusukan ke 2 lokasi. Lokasi pertama, Bobby yang didampingi Dewan Penasehat Tim Pemenangan Bobby-Aulia, Sanggam Bakara SH dan tim mengunjungi warga Lingkungan 4, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan. Sedangkan blusukan kedua ke Pasar Inpres Simalingkar didampingi Relawan Bobby Nasution (Reborn),Kamis (12/11). tujuan Bobby Nasution menyapa warga Lingkungan 4, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, menyerap aspirasi warga.

Namun di perjalanan menuju lokasi, Bobby melihat rumah kurang layak huni di pinggiran Sungai Bekala. Rumah yang berhadapan langsung dengan sungai ini dihuni Suhendri beserta istri, Surya Utari Lubis dan 3 orang anaknya, sungguh miris melihat anak pertama pasangan ini yang berusia 4 tahun. Kala teman-teman sebayanya sudah bisa berlari dan bermain, Arif Setiawan masih harus digendong ibunya. "Umurnya sudah 4 tahun, tapi begini. Belum bisa jalan diperiksa ke rumah sakit, bilangnya gejala epilepsi. Adiknya yang paling kecil pun kena gizi buruk. Inilah baru naik sedikit berat badannya," ucap Surya kepada Bobby.


Surya mengaku belum bisa membawa anaknya berobat lantaran kondisi keuangan keluarga yang tidak mencukupi. BPJS Kesehatan yang sempat dimilikinya dengan membayar mandiri, tidak sanggup lagi dibayar. Pendapatan suami sebagai buruh bangunan pun hanya cukup untuk makan sederhana setiap harinya.


Bobby Nasution pun menjanjikan BPJS Kesehatan gratis kepada keluarga ini. "Nanti BPJS-nya kita gratiskan ya bu, biar bisa anaknya dibawa berobat," ucap Bobby yang ditemani Sanggam Bakara. Di lokasi yang sama, Bobby memperlihatkan kemampuan memasak saat menyapa warga Lingkungan 4, Kelurahan Mangga, Medan Tuntungan.


Memegang wajan di tangan kiri dan sudit di tangan kanan, dengan lihai menantu Presiden Jokowi ini mengaduk nasi goreng di Dapur Berkah mobile. Nasi bercampur bakso, ayam dan rempah-rempah dicampur menjadi makanan lezat untuk disajikan kepada warga. Warga pun tak sabar untuk dapat menikmati langsung nasi goreng buatan calon Wali Kota Medan ini.


Seorang warga, Rina mengaku luar biasa senang bisa berjumpa Bobby Nasution dan disuapi nasi goreng buatannya. Rina adalah salah satu dari 5 warga yang beruntung mendapatkan suapan nasi goreng buatan menantu Presiden Jokowi ini. "Rasanya senang sekali. luar biasa seumur-umur baru kali ini aku ngefans sama manusia. Artis aja gak pernah ngefans. Bobby the best (terbaik)," ucapnya yang datang dengan menggendong bayi.


Pada kesempatan itu, Sanggam Bakkara promosikan Bobby Nasution. "Jangan lupa pilih Bobby-Aulia, datang ke TPS, pilih nomor 2. ingat pak Bobby ingatlah Jokowi," tukasnya. Usai membagikan nasi goreng ciptaannya, Bobby Nasution menyerap aspirasi masyarakat. Pertanyaan terkait lampu jalan yang tidak ada, banjir, jembatan rubuh diterjang banjir dan bantuan modal UMKM kembali dikemukakan warga.


Bobby menjawab dengan visi misi yang telah dirancang. Diantara dengan program Medan Bercabang, berkolaborasi dengan pemerintah pusat dalam memperbaiki infrastruktur jalan dengan prioritas akses jalur produksi masyarakat, Medan Tajir, Medan tanpa banjir serta program satu kelurahan satu sentra usaha. Sebelum berpisah, UMKM dari persatuan MMV menyerahkan karyanya dari bahan daur ulang kayu, akar bambu dan tempurung kepada Bobby Nasution.


Di lokasi terpisah, Nurlela Ginting sehari-hari berjualan gula aren dan rempah khas Karo di Pasar Inpres Simalingkar, Medan Tuntungan. Betapa bahagia hatinya, ketika lapak jualannya disinggahi Bobby yang sedang blusukan menyerap aspirasi pedagang di Pasar Simalingkar.


Bahkan Bobby Nasution tampak memborong minyak khas Karo yang dijual oleh Nurlela. Makin bahagia hati Nurlela sebab Bobby mau berdialog dan berselfi ria dengannya. "Ramah kali orangnya pak Bobby ini. Saya yakin Pak Bobby bisa bikin bagus Medan. Saya lihat Pak Bobby mirip pak Jokowi mau mengayomi, mau bertemu masyarakat di pasar-pasar. Saya yakin menang pak Bobby," kata Nurlela. 


Kepada Bobby, Nurlela Ginting mengeluhkan kondisi pasar yang sering banjir. Tempat untuk berjualan pun sudah tidak nyaman yang ujungnya membuat pembeli enggan datang. Sama dengan pedagang lainnya yang ditemui Bobby, mereka mengeluhkan fasilitas yang minim. Irwan salah satunya. Pedagang tas second itu mengatakan atap kios banyak bocor termasuk talangnya. "Hujan sikit aja sudat becek, jadi gak akan ada yang mau belanja kalau begitu," keluh Irwan.


Lain lagi keluhan Emma Munthe. Pedagang grosiran itu mengeluhkan retribusi yang mahal. "Uang jaga malam sudah dibayar mahal tapi kami tetap juga kemalingan. Kios kami dibobol. Tolonglah benahi Pak Bobby manajemen pasar kami ini," harap Emma. Mendengar banyak keluhan pedagang, Bobby menjanjikan revitalisasi pasar. Dengan begitu, kenyamanan pasar akan diutamakan demi kenyamanan pedagang dan pembeli.


"Saya sudah lihat tadi kondisi pasar Simalingkar ini. Banyak yang bocor, banjir kalau hujan. Revitalisasi pasar dan pembenahan manajemen pasar akan kami utamakan. Pelan-pelan nanti semua dibenahi," kata Bobby. Selain meninjau kondisi pasar, Bobby Nasution juga tampak membeli dagangan pedagang. Beberapa kilo buah dibeli Bobby seperti mangga hingga anggur.


Ketua Relawan Reborn Suwarno yang fokus pada pasar tradisional pun menjelaskan masalah klasik yang kerap terjadi di kalangan pedagang pasar. "Hampir rata pasar banjir, kurang tertata dan masalah retribusi. Kami optimis kalau Bobby Nasution jadi wali kota Medan revitalisasi pasar akan dilakukan. Itu harapan besar para pedagang dan masyarakat umum," kata Suwarno. (WM021)

Komentar Anda

Berita Terkini