-->

Jalin Silahturahmi, Kapolsek Barumun Coffee Morning Bersama OKP dan Ormas

harian9 author photo


PALAS| H9
Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin silaturahmi dengan organisasi kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan di Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Silahturahmi dan Coffe Morning tersebut berrtempat di Ruangan Mapolsek Barumun, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Jumat (13/11/2020).

Silaturahmi yang dikemas dengan acara coffe morning ini dihadiri Kapolsek Barumun, AKP Miftahuddin. SE, didampingi Kanit Reskrim Polsek Barumun Aiptu Syaiful Bahri, Kanit Intel Ipda P. Tampubolon, pengurus Pemuda Pancasila, Ketua MPC H. Nukman Harahap (Okong) diwakili Wakil Ketua MPC PP Palas. Munir Hasibuan, SH, didampingi Ketua Sapma PP Palas Muhammad Arifin Siregar, Anggota Satgas Koti PP Palas, Ketua PAC Barumun Sofyan Hasibuan dan anggota lainnya, Ketua FKPPI Palas Agus Prayudi (Ambon Demak) bersama pengurus Yudi, Ihsan Bogel, Jamal dan Alex, dan anggota dari masing-masing organisasi.

Kapolsek Barumun, AKP Miftahuddin. SE,  dalam sambutannya menuturkan peran pemuda sangatlah penting. Ia berpesan agar setiap organisasi tetap menjaga keharmonisan yang selama ini sudah terjalin. 

Kapolsek Barumun, AKP Miftahuddin SE menyampaikan beberapa hal terkait perjudian yang sudah membudi daya dikalangan masyarakat, Pencurian dan persoalan Narkoba juga sudah menjadi perhatian, saya tidak ingin bersinggungan dengan teman teman OKP dan Ormas, apa bila nantinya ada sesuatu tindakan kami dilapangan bertemu ditempat yang salah, agar saling memahami tugas dan tupoksinya.

"Kita dalam rangka membina situasi keamanab dan ketertibsn masyarakat (Kamtibmas) ini, perlu memanfaatkan segala potensi yang ada, potensi apa seperti sinergitas dengan OKP dan Ormas dalam keamanan jaga wilayah atau kampung kita, jangan hanya proyek aja yang dijaga. Kenapa Karena kita agak kesulitan juga dalam hal keamanan dan mengungkap kasus pencurian, disebabkan yang jaga malam tidak ada, padahal sebenarnya kampung/wilayah kita ini aman ", ucap Kapolsek Barumun.

Tapi saya senang dengan kehadiran rekan rekan kita bisa banyak shering tentang kamtibmas, agar lebih baik kedepannya. Sebut Miftahuddin.

Selain itu, Kapolsek memberikan insfirasi, seperti Brimob yang bernama A. Lubis, yang berasal dari desa hasatan jae kecamatan Barumun Baru, yang telah berhasil menciptakan budidaya pembibitan ikan mas dan ikan nila disamping kolam ikannya diapun membuat sebuah warung kopi, untuk pengunjung dilokasi kolam ikannya.

Dan seorang anggota FKPPI yang ditinggal di desa janji matogu, kecamatan Lubuk Barumun, yang juga memiliki kolam ikan yang bekerja sama dengan seorang dokter.

Nah oleh karena itu, kita harus buat pembibitan agar tidak membeli bibit lagi untuk ditaburkan, kalau rekan rekan okp dan ormas mau memanfaatkan situasi dan lokasi yang ada, tidak perlu meminta minta proyek, cukup kita jaga air yang disini, disitu dan disana minta bibit sekali tiga bulan kita akan panen, jadi harus kita ajak dan rangkul, warga yang ada dibantaran sungai atau kali tersebut. Sehingga pemberdayaan dan keuntungan jelas dan nyata dinikmati, ujar Miftahuddin.

"Jadi lapangan pekerjaannya disi cukup banyak, cuman karena lahan dan lokasi dibiarkan tidur, atau tidak termanfaatkan oleh warga, maka dari itu kita sebagai pemuda dicoba untuk bekerja dengan polsek yang di kecamatan Eks Barumun, dikecamatan tersebut banyak aliran sungai yang bisa di manfaatkan untuk kolam ikan sebagai lubuk larangan. Kata Kapolsek.

Kemudian Kapolsek mengajak, para pemuda untuk bersinergi dalam rangka mengantisifasi perderan narkoba yang pada saat ini sudah menjamur dikalangan masuarakat.

Saya berharap kepada Rekan rekan okp dan ormas yang hadir agar dapat membantu salah satu program utama dari Polsek Barumun dalam memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan membantu pemberantasan serta peredaran narkoba yang semakin marak,” harap Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin SE, kepada seluruh yang hadir dalam silatuhrahmi dan sekaligus adakan Coffee Morning tersebut.

Sementara Munir Hasibuan, SH.  yang mewakili Pemuda Pancasila (PP) didampingi Ketua Sapma PP Palas Muhammad Arifin Siregar, Anggota Satgas Koti PP Palas, Ketua PAC Barumun Sofyan Hasibuan  melalui sambutannya mengatakan, bahwa kita dari PP dianjurkan  oleh DPP, DPW dan MPC untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian, dalam terkait soal kamtibmas, kita juga dari pengurus MPC PP Palas selalu menyarankan dan menganjurkan kepada PAC agar pro aktif, untuk menanggulangi hal persoalan kriminalitas. Ujar Munir.

"Kita sudah punya kantor sekretariat, sampai srkretariat PAC disetiap kecamatan, sesuai dengan intruksi dari dari DPP dan DPW juga sesuai dengan AD, ART, kita di palas ini dengan OKP lain sering duduk bersama dalam membicaraksn hal-hal yang positif". Sebut Munir.

Karena kita sama-sama cari makan dan tidak ada saling mengganggu, kalau sepiring kita disi makam bersama, kata munir, seraya menambahkan terkait masalah kebersihan parit dan lubuk larangan, akan kita sosialisasikan kembali kepada masyarakat, pentingnya sungai secara tersurat dan langsung sudah kita buat apa sebenarnya fungsi dari air. Namun taraf kesadaran masyarakat masih rendah sekalipun kita sudah nuatkan plang merek "dilarang buang sampah kesungai" ungkapnya.

Padahal kita sudah buat setiap tahunnya lubuk larangan agar sungai kita init etap terjaga dan bersih dari sampah, dan bisa serta hadilnya untuk dipergunakan oleh masyarakat kita sendiri, baik disungai sibuhuan, gelanggang dan lainnya. Beber Munir.

Disamping itu kita juga kata Munir, sudah mengusulkan kepada pemerintah untuk menanami pinggiran sungai dengan pepohonan agar terus terjaga debit airnya, kita siap untuk menanaminya jika pemerintah menyiapkan bibit pohonnya.

Dilanjut Munir, kita sudah dua kali membersihkan sungai sibuhuan ini, walaupun dananya ada sedikit dari pemerintah, namun tetap kita tambah dari ketua MPC PP Palas H. Nukman Harahap yang akrab di sapa Okong. Intinya kalau kita dari PP siap bekerja sama dengan polsek, terkait hal-hal yang telah dibicarakan dalam menjalin hubungan kerjasama dan rekan rekan kita untuk pro aktif dalam membantu pihak kepolisian. Kata Munir.

Dikesempatan yang sama, Ketua FKPPI Palas Agus Prayudi lebih dikenal panggilan Ambon Demak Terkait dengan maraknya peredaran narkoba, dikatakan, memang perlu kerja sama untuk memberantasnya demi terwujudnya suasana yang aman dan damai. Untuk itu, Ambon Demak berharap bisa menggalakkan kegiatan kegiatan kembali, yang menurutnya sangat positif.

“Saya berterima kasih sekali kepada Polsek Barumun untuk memberantas peredaran narkoba dan menghidupkan kegiatan yang positif. Untuk itu, kami dari FKPPI palas siap mendukung dan berpartisipasi supaya kamtibmas di Kecamatan Barumun dan Palas bisa lebih baik lagi kedepannya,” terang Ambon Demak.

Selaku ketua dan pengurus FKPPI Palas juga mengatakan, dengan adanya Coffe Morning tersebut tentu dapat meningkatkan koordinasi antara pihak keamanan dan para OKP dan Ormas.

“Kami dari FKPPI tentunya sudah pasti akan selalu mendukung program kerja dari Polsek Barumun dalam pemberatasan narkoba dan perjudian di Kecamatan Barumun,” Pungkas Ambon Demak dan diamini oleh anggota pengurus FKPPI yang ikut dalam acara tersebut.

Di penghujung acara, Kapolsek dan penbgurus Ormas dan OKP serta para undangan yang hadir saling sharing sambil menikmati hidangan kopi dan Aqua yang tersedia dalam suasana penuh keakraban. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini