-->

Kodim 0212 / TS Tanam Pohon Penghijauan Di Lahan Pemakaman Covid-19

harian9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Kodim 0212 / Tapanuli Selatan (TS) melaksanakan penanaman pohon penghijauan di lokasi perkuburan korban Covid-19 di Kelurahan Silandit Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan, Jum,at (20/11/2020).

 Kegiatan tanam pohon yang mengambil tema, ‘Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa' dipimpin Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, dihadiri Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM, mewakili Kapolres Padangsidimpuan Kompol H. Huayan Harahap, Kepala UPT KPH X Dinas Kehutanan Propinsi Sumut Zulkarnain Hasibuan, Kadis Pertanian Parimpunan Siegar, Kadis Lingkungan Hidup, para Camat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

 Pohon penghijauan yang ditanam sebanyak 300 batang dengan jenis tanaman produksi seperti, Mahoni, Manggis, Durian, Jengkol, Petai, Rambutan, Mangga, dll, yang nantinya akan menjadi pohon pelindung di lokasi pemakaman yang selama ini gersang karena lokasinya berada di perbukitan tandus.

 “ Alhamdulillah di Teritorial Kodim 0212/TS yang meliputi 5 Kabupaten / Kota di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), hari ini kita akan menanam pohon sebanyak 3000 pohon dan di lokasi ini sebanyak 300 pohon, “ ujar Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, usai acara tanam pohon.

 Menurutnya, berbagai kasus mengenai masalah lingkungan menjadi perhatian semua pihak tidak terkecuali pemerintah dan TNI. Untuk itu, pihaknya mengajak dan mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk ikut peduli dan melestarikan lingkungan menimal dengan tidak menebang pohon dan membakar hutan sembarangan mengingat dampaknya sangat luar biasa terhadap lingkungan.

 Dandim menjelaskan, penghijauan penanaman pohon adalah kegiatan program pembinaan lingkungan hidup TNI AD bekerjasama dengan instansi terkait dan masyarakat. Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan penghijauan dan melestarikan bumi Indonesia dalam hal ini khususnya di Kota Padangsidimouan dan wilayah Tabagsel pada umumnya.

 Mnurutnya, faktor bencana alam seperti banjir dan tanah longsor melanda dibeberapa daerah di Indonesia tersebut diperkirakan karena menipisnya lahan hijau. Maka dari alasan itulah, Kodim 0212/TS, menggelar aksi penanaman.

 “ Melestarikan alam dengan cara menanam pohon pun merupakan aksi bela negara, dimana setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Ini adalah wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air, “ jelasnya.

 Ia pun berharap agar giat yang dilaksanakan hari ini dijadikan momentum untuk lebih menghargai serta menjaga kelestarian hutan dan mempererat tali silaturahmi dan sekaligus sebagai wujud Kemanuggalan TNI dan Rakyat.

 “ Ini sesuai dengan kebersamaan antara TNI dengan rakyat untuk dapat bersinergi bersama menjaga ekosistem kelestarian hutan serta peduli terhadap lingkungan agar hutan tetap lestari, kaena, dengan adanya kegiatan gerakan peduli lingkungan dengan penanaman pohon ini semoga bermanfaat, terutama bagi kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem hutan, “ tegas Dandim

 Sementara Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, menyampaikan, Pemerintah Kota Padangsidimpuan sangat mendukung dan  menyambut peran serta personil TNI dari Kodim 0212/TS yang melaksanakan aksi penghijauan di lokasi ppadang tandus tersebut.

 Terkait insfrastruktur menuju lokasi pemakaman tersebut, Wakil Walikota juga menyebutksan, nanti akan disesuaiakan bagaimana agar insfrastruktur menuju lokasi tersebut bisa lebih aman untuk dilalui.

 “ Aksi penghijauan ini merupakan warisan kita kepada generasi kita selanjutnya dan mengurangi dampak erosi serta banjir, apalagi kawasan ini memang terlihat sangat tandus maka dari itu penanaman pohon ini sangat membantu untuk melestarikan lingkungan sekaligus menghijaukan kembali tanah tandus, “ terang Arwin.

 Kepala UPT KPH X Dinas Kehutanan Propinsi Sumut Zulkarnain Hasibuan mebambahkan, pihak Disnas Kehutanan akan menuunkan tim untuk memamntau perkembangan bibit pohon yang di tanam, untuk dilakukan penyisipan dan pemelihaaan pohon serta menambah bibit pohon di lokasi yang akan ditanami. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini