-->

Pasca Banjir, Personil Koramil 09/Sosa dan BPBD Siaga di Lokasi Desa Pasar Ujung Batu

harian9 author photo


Pasca banjir akibat meluapnya sungai Sosa, banjir yang sempat menggenangi ratusan rumah warga Desa Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), personil Koramil 09/ Sosa bersama team BPBD mulai siaga 24 jam, siang dan malam dari Jum’at (20/11/2020).

Plt Danramil 09/Sosa Pelda. Rudi Haris Fadilah Jumat. (20/11/2020) kepada wartawan menjelaskan mengingat situasi curah hujan khususnya wilayah Kabupaten Padang Lawas yang cukup tinggi sehingga tidak tertutup kemungkinan banjir susulan akan datang.

"Hujan deras sepanjang malam hingga tadi pagi mengakibatkan debit air sungai Sosa meluap hingga ke pemukiman warga Pasar Lombang Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa hingga ratusan rumah warga terendam air". Jelas Plt Danramil 09/ Sosa Rudi Haris.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil dari pendataan yang telah dapat dilaporkan bahwa jumlah rumah warga yang terdampak banjir mencapai 150 Kk, yang terendam 50 Kk dan yang mengungsi 15 Kk sementara korban jiwa tidak ada, namun kerugian materil diperkirakan mencapai kurang lebih Rp. 150.000.000,-

Sementara sekira Pukul 14.30 wib Wakil Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht, MM, MSi. Beserta Rombongan Meninjau Lokasi Banjir, dan telah mempersiapkan Sarana prasarana Fasilitas Bantuan Bencana Seperti Posko, Tenda lapangan, Dapur Umum dilanjutkan Memberikan Bantuan Sembako Kepada Warga Yang Terdampak.

“Kondisi saat ini banjir sudah mulai berangsur surut, namun Team mulai saat ini akan Siaga 24 jam, dalam upaya Mengantisipasi banjir susulan dikarenakan Cuaca Memasuki Musim Penghujan sehingga team penangulangan Bencana BPBD Kabupaten Palas, Dinas Sosial Kabupaten Palas, Dinas Kesehatan Palas dan Muspika Kecamatan Sosa telah stanbay,” Pungkas Plt Danramil 09/Sosa Rudi Haris. 

Selain itu, disampaikan salah satu anggota keluarga korban banjir meluapnya sungai sosa. P Hasibuan mengungkapkan, kondisi debit air yang meluap ke pemukiman warga dan sempat masuk rumah warga, telah mulai surut.

Namun, kata P. Hadibuan, di desa Pasar Ujung Batu dan Pasar Lombang dan Banjar Sibangun-bangun, kondisi air belum sepenuhnya surut secara keseluruhan

"Saat ini ketinggian air masih mengkhawatirkan apabila hujan deras turun lagi dalam beberapa hari kedepan.
Saat ini dilokasi desa Pasar Ujung Batu telah didirikan Posko Bantuan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Palas,"ungkapnya dilokasi pasca banjir di lokasi  Desa Pasar Ujung Batu.

Pos yang didirikanini, untuk difungsikan sebagai dapur umum bagi masyarakat yang terkena dampak banjir nantinya apabila banjir susulan datang lagi, katanya.

Selain dari Rombongan Wakil Bupati drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht, MM, MSi. Tampak hadir dilokasi posko Desa Pasar Ujung Batu, Muspika Sosa terdiri dari pemerintah Kecamatan Sosa, Polsek Sosa serta Koramil 09 Sosa dan masyarakat setempat. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini