-->

Pelanggar Prokes di Tapsel Semakin Meningkat

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Pelanggaran terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) di wilayah hukum Poles Tapanuli Selatan, semakin hari semakin meningkat. Hal itu terbukti saat personil gabungan dari Polres Tapanuli Selatan dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar operasi yustisi dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tapanuli Selatan No.49 tahun 2020, sebanyak 550 pelanggar Prokes, terjaring operasi di 24 titik di dua Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan yakni di Kecamatan Angkola Muara Tais dan Kecamatan Angkola Barat, yang berlangsung selama dua hari Jum,at dan Sabtu (27-28/11/2020).

 Di Kecamatan Angkola Muara Tais Operasi Yustisi dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH SIK, MH diwakili Perwira Pengawas (Pawas) Kasubbag Sarana Prasarana (Sarpras) Polres Tapanuli Selatan AKP. Edi Irawan, didampingi Perwira Pengendali (Padal) Kanit I Sat Intelkam Ipda Titus Dwioko, Kanit III Sat Intelkam Ipda Agam Parlindungan Harahap dan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tapanuli Selatan Herman Tampubolon.

 Operasi melibatkan 33 personil tediri dari 20 personil Polres Tapanuli Selatan, 9 personil Satpol PP Kabupaten Tapanuli Selatan dan 4 personil Dinas Perhubungan Tapanuli Selatan, dengan mengambil lokasi di 12 titik lokasi yakni, di Jalan lintas umum Perbatasan Kota Padangsidimpuan-Kecamatan Angkola Muara Tais, di Jalan lintas umum depan Panti Asuhan Maimun, di Jalan lintas umum Desa Basilam Baru, di Desa Huta Tonga, di Jalan lintas umum depan Pasar Sigalangan.

 Kemudian  di Jalan lintas umum Kelurahan Bintuju, di Jalan lintas umum depan Masjid Baburahman, di Jalan lintas umum depan lapangan Sarasi II, di Jalan lintas umum depan Bagas Godang Pangeran Batara Kalasan, di Jalan lintas umum depan Masjid Al-Barokah, di Jalan lintas umum depan Masjid Al-Iklas dan di Jalan lintas umum Desa Janji Mauli Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan.

 Dari hasil operasi tersebut, sebanyak 245 pelanggar yang terjaring dan diberi hukuman dan tindakan berupa teguran lisan sebanyak 185 pelanggar dan teguran tertulis sebanyak 60 pelanggar.

 Sedangkan di Kecamatan Angkola Barat perasi Yustisi dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH SIK, MH diwakili Padal KBO Lantas Polres Tapanuli Selatan Ipda Irwan Sastra Dinata, didampingi Kasubbag Kiur Dinas Perhubungan Tapanuli Selatan Herman Tampubolon.

 Operasi melibatkan 15 personil tediri dari 8 personil Polres Tapanuli Selatan, 5 personil Satpol PP Kabupaten Tapanuli Selatan dan 2 personil Dinas Perhubungan Tapanuli Selatan, dengan mengambil lokasi di 12 titik lokasi yakni, di Jalan Lintas Padangsidimpuan-Sibolga Desa Panobasan, di Desa Parsalakan Lombang, di Desa Simatorkis Sisoma, Desa Simatohir, di Desa Sigumuru, di Desa Sialogo, di Desa Lobu Layan Sigordang. di Desa Lembah Lubuk Manik dan di Desa Aek Nabara Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.

 Dari hasil operasi tersebut, sebanyak sebanyak 260 pelanggar yang terjaring dan diberi hukuman dan tindakan berupa teguran lisan sebanyak 185 pelanggar dan teguran tertulis sebanyak 75 pelanggar.

 Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH SIK, MH mengatakan, Operasi Yustisi  yang digelar tersebut dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum Prokes dan kepada pesonil dalam melaksanakan kehiatan agar tetap humanis dan menjaga keselamatan masing-masing personil dan selama pelaksanaan operasi agar tetap memperhatikan Prokes seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan selalu menjaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19.

 “ Operasi gabungan yang kita gelar ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi Prokes dalam masa Pandemi Covid-9, sekaligus menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan, “ terang Kapolres.

 Sementara AKP. Edi Irawan dan Ipda Irwan Sastra Dinata yang memimpin operasi di dua Kecamatan tersebut menyampaikan, dalam Operasi Yustisi ini pelanggar Prokes yang terjaring adalah masyarakat yang tidak memakai masker. Selanjutnya pelanggar diberikan sanksi berupa teguran tertulis dan lisan.

 “ Dalam pelaksanaan  Operasi Yustisi sebagian di dua Kecamatan yakni Kecamatan Angkola Muara Tais dan masyarakat di Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan sudah menyadari akan pentingnya mematuhi Prokes, guna mencegah penyebaran Covid-19, “ kata AKP. Edi Irawan dan Ipda Irwan Sastra Dinata. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini