-->

Pemkab Langkat Gelar Sosialisasi Kepada Parpol

harian9 author photo


LANGKAT| H9
Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar sosialisasi kepada partai Politik tahun 2020, bertempat di Gedung PKK Langkat, Stabat, Jumat (27/11/2020). 

Sosialisasi ini, dibuka Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos H. Hermansyah. 

Dikesempatan itu, Asisten II dalam sambutannya, mengajak kepada pada pimpinan Partai Politik (Parpol) untuk mendefinisikan kembali fungsi dan peran Parpol dalam masyarakat. Sebab Parpol harus mengambil peran sebagai salah satu pilar demokrasi pancasila. 

"Intinya, bagaimana para elite berupaya membangun kesadaran politik masyarakat, membuat masyarakat mengetahui hak dan kewajiban politiknya sebagai warga negara," ujarnya. 


Sebab, sambung Hermansyah, Parpol memiliki fungsi utama, diantaranya  sarana rekrutmen mengisi jabatan politik, sarana sosialisasi politik, wadah aspirasi dan partisipasi rakyat dan lembaga pendidikan politik bagi masyarakat. 

"Serta  instrumen penting, menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai kesejahteraan," paparnya. 

Selain itu, Hermansyah berharap, semakin menguatnya sinergi antara Parpol, Pemda, Ormas  serta KPU sebagai penyelenggara KPU. 

"Dengan demikian saya yakin,  politik masyarakat Langkat dapat semakin baik dari waktu ke waktu,"ungkapnya.


Untuk itu, diharapkan Hermansyah, narasumber memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, sehingga tujuan kegiatan ini tercapai secara optimal. 

Sementara kepada peserta, diharapkan mengikuti kegiatan dengan baik, serta memanfaatkan pertemuan ini untuk menambah pengetahuan dan saling berbagi pengalaman. 


Selanjutnya, Kakan Kesbangpol Faisal Badawi pada laporannya, menjelaskan, peserta kegiatan berjumlah 55 orang dari Parpol. 

Tujuan kegiatan untuk mengubah dan membentuk tata perilaku seseorang dengan tujuan yang bertanggung jawab dalam partisipasi politik. Membentuk suatu tatanan masyarakat yang sesuai dengan tuntunan politik yang ingin diterapkan. Untuk memperluas pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah-masalah politik yang berkembang. Mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Serta dapat meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan," ungkapnya. 


Kegiatan ini, sambung Faisal, menghadirkan Narsum  dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provsu Fajar Efendy Pasaribu, komisioner KPU Langkat Ferdiansyah dan dosen Komunikasi Universitas Darma Agung Irene Silviani. 


"Dasar pelaksanaan UU RI No. 2 tahun 2011 tentang perubahan atas UU No. 2 tahun 2008 tentang partai politik," sebutnya.(WD.042 )
Komentar Anda

Berita Terkini