-->

Pemkab Tapsel Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana Dan Kesiapsiagaan PAM Pilkada Serentak 2020

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan kesiapan Pengamanan (PAM) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel menggelar apel gabungan di halaman Mapolres Tapsel, Jalan SM. Raja Padangsidimpuan, Selasa (10/11/2020).

Apel dipimpin Inspektur Apel Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH, mewakili Dandim 0212/TS, mewakili Danyon 123/RW, Danyon C Brimobdasu, Kaban Kesbangpol, Kalaksa BPBD, Kadis Sosial, Kadis Lingkungan Hidup, Kasatpol PP dan Sekretaris Satpol PP  serta diikuti peserta apel dari unsur Polri, TNI, BPBD, Dishub dan Satpol PP Tapsel.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, dalam amanat tertulisnya menyampaikan, bahwa apel siaga bencana tersebut merupakan bentuk kesiapsiagaan dari pemerintah bersama-sama dengan TNI-Polri serta seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat.

" Karena dipenghujung tahun 2020 ini, sebagaimana kita ketahui bersama baik di media online maupun di media cetak, ada dibeberapa daerah di Indonesia baik di Pulau Jawa, Sumatera dan di daerah lainnya telah terjadi bencana banjir, tanah longsor, angin topan dan berbagai bencana alam lainnya yang dipengaruhi oleh perubahan iklim yang ekstrim, " terang Syahrul.

Disebutkannya, adapun potensi bahaya dan ancaman bencana yang semakin kompleks tidak terbatas akibat dampak perubahan iklim begitu juga akibat ulah tangan manusia itu sendiri. Apalagi di daerah Tapsel, kultur tanahnya berbukit-bukit sehingga sangat rawan akan terjadinya bencana.

" Maka dari itu, perlu dilakukan penanganan bencana yang bekerjasama dengan seluruh unsur baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya, " katanya.

Syahrul menambahkan, dalam menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tangguh sehingga dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku.

: Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh personel yang akan melaksanakan tugas agar selalu siap mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan masyarakat yang optimal, " imbaunya.

Selanjutnya kata Syahrul, agar dapat memetakan lokasi rawan bencana alam di wilayah Kabupaten Tapsel serta selalu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah antisipasi. Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan TNI, Polri, BPBD, instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan media, guna penanggulangan bencana alam yang optimal.

" Sedangkan untuk pemungutan suara Pilkada Tapsel Tahun 2020 tinggal satu bulan lagi, siapkan fisik dan mental saudara untuk pengamanan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Selanjutnya laporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan secara berjenjang dan laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggungjawab yang disertai dengan penuh keikhlasan, " pungkasnya.

Usai apel siaga bencana, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH, mengatakan, penanganan bencana yang selalu dinamis dan berdinamika, membutuhkan kerja sama yang luas dan bersinergi antara seluruh unsur baik TNI, Polri, Basarnas, BPBD Kab/Kota, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya, semua itu dilakukan dalam rangka Mitigasi risiko dan minimalisasi korban jiwa dan harta.
 
“ Menyikapi hal tersebut dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku, Apel kesiapsiagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana, “ tegas Kapolres. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini