-->

Publik Sepak Bola Berduka, Diego Maradona meninggal dunia

harian9 author photo


MEDAN| H9
publik sepakbola tengah berduka, Diego Maradona meninggal dunia Rabu(25/11/2020), bahkan Presiden Argentina Alberto Fernandez merasa kehilangan sekaligus menyampaikan,  pemerintah Argentina menetapkan tiga hari berkabung nasional. Hal itu sebagai bentuk penghormatan terhadap Diego Maradona.  Alberto Fernandez bahkan langsung mengunggah foto bersama Maradona.

"Kamu membawa kami ke tempat tertinggi di dunia. Kamu membuat kami luar biasa bahagia. Kamu adalah yang terbaik dari semua. Terima kasih telah hadir, Diego. Kami akan merindukanmu di sisa hidup kami," tulis Presiden Argentina.

Dilansir dari detik.com berikut kronologi sebelum leganda sepakbola Argentina itu tutup usia. Maradona meninggal dunia akibat henti jantung di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam WIB. Mantan pemain Barcelona dan Napoli ini meninggal di usia 60 tahun.

Awal November  2020 lalu, Maradona sempat dibawa ke rumah sakit. Setelah menjalani pemeriksaan di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina, berdasarkan hasil CT scan yang menemukan adanya hematoma subdural, Maradona harus dioperasi pada Selasa (3/11/2020) waktu setempat. 

Sebab terjadi Hematoma subdural adalah kumpulan darah di permukaan otak, tepatnya di antara dua lapisan pelindung otak, yakni dura mater dan arachnoid. Penyebab gumpalan darah biasanya muncul akibat benturan atau pukulan keras di kepala.

Operasi tersebut sejatinya berjalan lancar. Dia lantas mendapatkan izin untuk pulang ke rumah pada pertengahan November 2020. Sejak saat itu tak ada lagi kabar terkait kondisi kesehatan Maradona hingga akhirnya berita duka yang muncul.

Kepergian Maradona menjadi pukulan untuk negara Argentina. Maradona sempat berhasil mengantarkan Albiceleste meraih trofi Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Para tokoh, klub, maupun lembaga sepak bola langsung menyampaikan bela sungkawa atas kepergian legenda lapangan hijau Argentina tersebut.

Gary Lineker, yang mencetak gol untuk Inggris saat dikalahkan Argentina 1-2 pada perempat final Piala Dunia 1986, mencicit, “Laporan dari Argentina menyebutkan Diego Armando Maradona telah meninggal. Sejauh ini, pemain terbaik dari generasi saya dan bisa dibilang yang terhebat sepanjang masa. Setelah hidup yang diberkati tapi bermasalah, semoga dia akhirnya menemukan penghiburan di tangan Tuhan. #RipDiego 

Boca Juniors, klub yang dibela Maradona sebelum ditransfer dengan harga selangit oleh Barcelona pada 1982, mencuit: “Terima kasih yang abadi. Diego yang abadi.”

Klub sepak bola di seluruh dunia memberikan penghormatan kepada Maradona. Manchester City mengunggah foto dirinya sedang memeluk Sergio Aguero, mantan menantunya. "Kami bergabung dengan dunia sepak bola untuk mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu pemain terbaik," tulis City.

Liverpool ikut mencuit, “Benar-benar sosok hebat dari permainan ini. Beristirahatlah dalam damai, Diego Maradona.”

Real Madrid, rival dari salah satu mantan klub Maradona, Barcelona. memberikan penghormatan kepada sosok yang mereka sebut salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah.

"Diego Armando Maradona meninggalkan warisan yang sangat besar, yang telah menjadi mitos bagi jutaan penggemar di seluruh dunia," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.    

Sepanjang hidupnya, Maradona mengoleksi satu trofi Piala Dunia, empat gelar Pemain Terbaik Dunia, juara Piala UEFA, dua kali juara Serie A, juara Piala Winners, juara Coppa Italia, juara Super Coppa Italia, juara Copa del Rey, juara Piala Super Spanyol dan juara La Liga. (red)



Komentar Anda

Berita Terkini