-->

Setahun PP Fahmi Ummi Berkembang Pesat Untuk Kemaslahatan Ummat

harian9 author photo


MEDAN| H9
Alhamdulillah, setahun kehadiran Pengurus Pusat  Forum Silaturrahmi Ummi Muslimah Indonesia (PP Fahmi Ummi) in syaa Allah dapat berkembang pesat dan sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kemaslahatan ummat. Hal itu dibuktikan dengan sudah dibentuknya sejumlah wilayah Kabupaten/Kota Sesumatera Utara dan kecamatan serta lembaga generasi penerus yakni Laskar Fahmi dan Fami Annisa. Bahkan segera membentuk di sejumlah Provinsi lainnya dalam waktu dekat.

Hal itu terungkap saat acara Puncak kegiatan Milad  Pertama  Fahmi Ummi  di  Gedung Madinah Al Munawarah Lantai 4 Asrama Haji Medan Jalan A.H. Nasution Medan, Ahad (22/11/2020).  

Kegiatan  yang dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga Pembina Fahmi Ummi dan Ibu Nawal Lubis Edy Rahmayadi yang juga Anggota Kehormatan PP Fahmi Ummi ini dilaksanakan cukup khidmat dan dinilai sudah memenuhi protokol kesehatan.  

Ketua Umum PP Fahmi Ummi Ir. Misliani Sri Rahayu, M.Ec Dev menyampaikan, Fahmi Ummi sejak  didirikannya  pada tanggal 09 November 2019 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1441 H, bererti selama setahun perjalanan organisasi Fahmi Ummi, sudah melaksanakan berbagai kegiatan yang umumnya untuk kepentingan  ummat, dan bertujuan dapat bermanfaat  masyarakat banyak.

“Hal ini tentunya sudah sesuai dengan keinginan inisiator berdirinya PP Fahmi Ummi sekaligus sebagai pembina H.R. Muhammaad Syafii, S.H. M.hum. Hormat kami pada beliau hari ini tidak bisa hadir karna masih berada di Jakarta,” ucapnya.

Disebutkannya, dalam hal pengembangan organisasi,  Pengurus Pusat  Fahmi Ummi sudah membentuk Pengurus Wilayah di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara,  antara lain Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan, Batu Bara, Langkat, Binjai, Siantar, dan beberapa daerah lain yang sedang mempersiapkan Kepengurusan, meskipun ada beberapa daerah yang belum semua dilantik akibat pandemi Covid-19. 

“Selain itu  juga sudah membentuk  Pengurus Kordinator generasi mudi Muslimah yang  disebut Fahmi Annisa. Saat ini sudah ada 5 kabupaten yang telah dilantik dan Insya Allah akan ada 4 kabupaten yang menyusul yang akan dilantik," ujarnya.

Dijelaskannya, target Fahmi Ummi di tahun 2021 sudah terbentuk kepengurusan Wilayah Fahmi Ummi di seluruh provinsi Sumatera Utara dan di sejimlah provinsi lainnya seperti Padang, Riau, Jakarta, Jawa  Barat. Ini juga in syaa Allah pada akhir tahun 2021 sudah terbentuk.

Menurutnya, saat ini diperkirakan anggota Fahmi Ummi di Sumatera Utara  sudah mencapai 1500 orang. Harapan kedepan Fahmi Ummi bisa lebih maju  dan dapat bermanfaat bagi orang banyak dan seluruh masyarakat di Sumatera utara Khususnya  dan seluruh indonesia pada umumnya.   

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyampaikan selamat Milad I kepada organisasi Fahmi Ummi. Semoga kedepannya semakin baik dan sukses dalam menjalankan  program-program untuk kemashlahatan ummat.

Gubernur berpesan, ada 3 hal  yang mungkin bisa menjadi pedoman anggota Fahmi Ummi dalam berorganisasi, diantaranya harus punya loyalitas diri dalam menggerakan program organisasi. Kemudian harus punya komitmen dalam menjaga menjaga keutuhan dan saling menyayangi organisasi. Selanjutnya dengan ilmu yang dimiliki mampu bekerja sama dalam menjalan program atau kegiatan organisasi

“Besar harapan kita bersama,  Fahmi Ummi ini  dapat menjadi organisasi yang kuat dan bermanfaat bagi semua ummat dan golongan. Terakhir saya berpesan untuk ibu ibu anggota Fahmi Ummi tidak meninggalkan kewajiban terhadap tugas dan tanggung jawab di rumah tangga, jangan sampai mengganggu keharmonisan keluarga terutama mengurus para suami di rumah," ucapnya.

Diawal acara Ketua Panitia Milad Agus Wina Maya dalam laporannya  menyampaikan, tema Milad I Fahmi Ummi yakni, Merajut Silaturrahmi, untuk Membangun Fahmi Ummi menuju Ukhuwah Masyarakat Sejahtera dalam Ridha Allah SWT. 
 
Dikatakannya, paket acata Milad I Fahmi  Ummi  ini  diantaranya, pemotongan Nasi Tumpeng oleh Ketua Umum PP Fahmi Ummi Misliani Sri Rahayu bersama Ibu Nawal Lubis selaku Anggota Kehormatan PP Fahmi Ummi. Kemudian Penyerahan Penghargaan kepada Ustadz yang menjadi Pendamping Kampung Muallaf.

Dilanjutkan acara Pelantikan beberapa  elemen  Lembaga Fahmi Ummi diantaranya,   Ketua Pengurus  Wilayah Provinsi Sumatera Utara Prof. Dr. Hj. Dahlia Lubis, M.A., Pengurus Cabang di Kabupaten Deli Serdang yakni  Kecamatan Sunggal, Birubiru, dan Deli Tua. Pengurus Laskar Fahmi untuk Pemuda  dan Pengurus Fahmi Annisa untuk Pemudi.  

“Dibentuknya Laskar Fahmi dan Fahmi Annisa ini merupakan wujud dari Fahmi Ummi untuk Pembinaan Generasi Muda Islam yang dimulai dari keluarga besar Fahmi Ummi untuk dikembangkan ke seluruh Generasi Muda Islam yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam rangkaian milad pertama ini, Fahmi Ummi sudah melaksanakan berbagai paket kegiatan diantaranya Donor Darah bekerjasama  dengan PMI Kota Medan dan  menempatkan ustadz untuk pendampingan bagi para Muallaf yang berlokasi  di Desa Periaria, Kecamatan Biru biru, Kabupaten Deli Serdang bekerja sama dengan BKM Masjid Ar Rahman. Untuk kegiatan donor darah ini sebenarnya sudah menjadi kegiatan rutin Fahmi Ummi.  

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Umum PP Fahmi Ummi Dra. T. Nazariah, Sekretaris Panitia Milad I  Elvi Hadriany, S.P, M.Psi dan Sejumlah PP dan Anggota Fahmi Ummi. Perwakilan Kementrian Agama Propinsi Sumatera Utara, Ketua Umum Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD – KAHMI) Kota Medan Prof Dr. H Hasyim Purba Sh.M.Hum, Ketua BKMT Sumut dan sejumlah undangan diantaranya hadir juga Ir.H. Akhyar Nasution, M.Si sebagai undangan panitia. (pp.04)





 
Komentar Anda

Berita Terkini