-->

Siap–siap Terjaring Operasi Yustisi Tim Gabungan Pemkab Palas

harian9 author photo


PALAS| H9
Pelaksanaan Operasi Yustisi Perbup 31 Tahun 2020 secara rutin terus galakkan Tim Gabungan Pemkab Padanglawas (Palas) terdiri dari anggota Koramil, Satpol PP, Polres Palas dan instansi lainnya, Jumat  (13/11/2020).

Pelaksanaan Kegiatan operasi ini bertujuan penerapan sanksi disiplin protokol kesehatan Covid -19 di Kabupaten Palas di lokasi sasaran simpang Jalur dua tepatnya depan SPBU, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Palas, Ronny Syaipul S.Sos, MM. menjelaskan, Operasi Yustisi ini memiliki titik dan sasaran utamanya masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. “Operasi ini bertujuan untuk mengimbau masyarakat tentang pentingnya menjaga diri sendiri agar tidak tertular Covid-19 dengan cara rajin mencuci tangan, menjaga jarak  dan menggunakan masker di mana pun berada,” ujar Ronny.

Ronny mengatakan, bahwa masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi berupa teguran, sanksi sosial dan sanksi fisik. “Penindakan ini sendiri dilakukan agar masyarakat mendapatkan efek jera, sehingga ke depannya masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah,” katanya.

Operasi Yustisi ini, tentang  penerapan sanksi disiplin Prokes Covid-19 terjaring sebanyak 30 orang warga yang melanggar tidak pakai masker diberikan sanski sosial sesuai Pasal 7 ayat (4) Perbup 31 Tahun 2020  berupa menyanyikan lagu Indonesia raya, mengucapkan Pancasila dan push up sebanyak 5 kali, “Ujar Ronny.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan disiplin Protokoler kesehatan (Prokes) agar masyarakat memahami adaptasi kebiasaan baru untuk menjaga diri dan keluarga dari penyebaran virus Corona Disease (Covid -19) yang saat ini masih terus berlangsung.

Ronny menambahkan bagi pelanggar yang tidak memakai masker diberikan sanksi, lalu diberi masker untuk memakainya. “Masyarakat yang melanggar Prokes juga  mendapat pembinaan untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini