-->

Sukseskan Program KB, Kodim 0212/Tapsel Gelar Pelayanan KB MOP

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Sukseskan program Keluarga Berencana (KB), Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/Tapanuli Selatan bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP & KB) Kabupaten Tapanuli Selatan, menggelar kegiatan pelayanan KB pemasangan alat kontarsepsi metode Operasi Pria (MOP), di aula Daulay Simorangkir Makodim 0212/TS,  kemarin.

Kegiatan yang merupakan upaya membantu pemerintah dalam mensukseskan program KB guna pengendalian jumlah penduduk serta meningkatkan akseptor baru di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), dibuka Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, dihadiri Kadis PP & KB Kabupaten Tapanuli Selatan Ibrahim Lubis dan peserta akseptor.

Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, mengatakan, kegiatan pelayanan KB ini diperuntukkan bagi pria, yakni dengan pemasangan alat kontrasepsi MOP atau vasektomi dan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap program pengendalian penduduk.

" Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KB sebagai upaya untuk mengatur jarak kelahiran, dengan harapan program KB ini akan memasyarakat demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, " ujar Dandim.

Dandim juga berharap, dengan program tersebut, pertumbuhan penduduk masyarakat kita dapat terkendali dan tentunya akan sangat berpengaruh pada program-program pemerintah jika pertumbuhan penduduk tidak kita kendalikan sedini mungkin.

" TNI akan selalu mendukung kegiatan pemerintah terkait program KB dan akan terus bersinergi bersama Dinas PP & KB Kabupaten Tapanuli Selatan dan kita (Kodim) akan berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KB, karena melalui program inilah kita dengan mengatur jarak kelahiran, " terang Dandim.

Marwan Siregar salah seorang peserta akseptor KB yang mengikuti pelayanan KB mengaku, awalnya ia sempat merasa takut mengikuti operasi MOP tersebut. Tetapi setelah mendapat penjelasan dari kader KB serta dengan pertimbangan istrinya yang memiliki risiko tinggi saat kehamilan akhirnya memutuskan untuk mengikuti KB MOP atau vasektomi.

" Sempat takut, namun setelah dijelaskan oleh kader KB bahwa MOP hanya operasi kecil, sementara manfaatnya besar maka berani ikut dan enaknya lagi semua gratis serta difasilitasi oleh pihak Kodim 0212/Tapsel, " ucap Marwan. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini