-->

Upaya Jaga Ekosistim, Apdes Bercahaya Tabur Benih Ikan Disungai Sosa

harian9 author photo


PALAS| H9
Untuk menjaga kelestarian ekosistim, Apdes Bercahaya Kabupaten PadangL awas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), tabur benih ikan yang disebar disungai Sosa, Sabtu (21/11/2020). 

Kegiatan tabur benih ikan ini sebagai upaya pelestarian ikan air tawar dalam meningkatkan populasi ikan sekaligus upaya menjaga ekosistim.

Ketua Apdes Bercahaya Kabupaten Padang Lawas, Hamdani Daulay mengatakan, penaburan benih ikan ini sebagai bentuk pelestarian sungai agar ekosistim yang ada disungai Sosa tetap lestari, ikan yang ditabur terdiri dari ikan mas, jika dan lainnya 

“Pelestarian ikan disungai menjaga ekosistim merupakan tanggung jawab semua pihak, tentu harus menjadi perhatian dengan memelihara habitat ikan dan terus melakukan upaya pelestariannya yang ada didalam sungai ,salah satunya dengan tabur benih ikan ini,"kata Handani, Senin (23/11/2020) 

Ketua Apdes Bercahaya ini mengatakan, kepedulian melesatarikan ekositim sesuai instruksi  Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO ) dan Wakil Bupati, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.

Sebelumnya intruksi yang sama juga disampaikan Kapolres Padanglawas, AKBP Jarot Yusviq Andito. SIK., agar terus memelihara habitat ikan disungai sebagai upaya menjaga ekosistim ikan disepanjang sungai.

Pelaksanaan tabur benih ikan ini  dilaksanakan tujuh desa di Kecamatan Sosa .Dari mulai dari Desa Ujung Batu sampai Desa Tanjung Bale.

"Penaburan benih sepanjang sungai Sosa,dengan batas timur pasar ujung batu dan sebelah barat dari mulai kecamatan sosa julu sampai kelokasi bendungan bondar kuria,"terang Hamdani 

Upaya lainnya juga perlu dilakukan, kata Hamdani, yakni bagaimana menjaga rantai ekosistem ikan dan tidak menangkap ikan dengan cara merusak sebagai bentuk perhatian kita menjaga populasi ikan disungai 

Kata Hamdani mengimbau, masyarakat boleh menangkap ikan disungai, tapi tidak dibenarkan dan dilarang jika menggunakan setrum atau racun karena itu akan membuat siklus hidup ikan terhenti karena kalau disetrum atau di racun sampai ke ikan kecil pun mati.sehingga habitatnya musnah secara total.

Kegiatan penaburan benih ini sebagai upaya mendengar aspirasi masyarakat serta menjaga kelestarian ekositim dalam meningkatkan populasi ikan yang terus berkembang disepanjang sungai Sosa. 

“Kami dari unsur kepala desa sekecamatan Sosa dan Sosa Julu bersama Babinsa, Kepolisian dan  warga, melakukan tabur benih ini agar terjaganya budaya ikan tawar disungai yang sama sama dijaga oleh seluruh elemen masyarakat sesuai komitmen bersama dalam menjaga kelestarian ekositim,"pungkasnya. (WD41) 

Komentar Anda

Berita Terkini