-->

Wabup Palas Berikan Penali Asih pada Janda Veteran RI

harian9 author photo


PALAS| H9
Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan RI ke 75, Wakil Bupati (Wabup) Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi. memberikan penali asih kepada para janda Veteran RI di halaman komplek perkantoran SKPD terpadu Sigala gala, Selasa (10/11/2020).

Proses penyerahan pemberian tali asih kepada tiga janda veteran RI tersebut oleh Wakil Bupati (Wabup) Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi. Didampingi Sekda Palas Arpan Nasution, S.Sos  secara simbolis memberikan tali asih kepada janda Veteran RI diikuti Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin Harahap, dan Perwakilan Lainnya usai upacara peringatan Hari Pahlawan RI ke 75, dan disaksikan pimpinan OPD, Forkopimda, serta peserta upacara juga tamu lainnya.

Adapun ketiga janda Veteran RI tersebut yang menerima penali asih yakni Hj, Amnasari Hasibuan, janda dari H. Baharuddin lubis, Maryam janda dari Baginda Mangaraja Palit, dan Nurlom Pasaribu janda dari Herman Hasibuan.

Wabup Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi. mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ke 75 RI ini, sudah selayaknya untuk menghargai jasa dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan telah gugur pada pertempuran Kemerdekaan RI.

“Hari Pahlawan dan bersejarah ini sebagai momentum bagi seluruh bangsa Indonesia untuk menginspirasi dan motovadi kita semua untuk meneruskan perjuangkan mereka,  kalau dulu kita berjuang mengangkat senjata sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan yang dialami bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, faham yang radikal, dan termasuk melawan pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini, juga  Indonesia,” sebut Zarnawi.

Sebagai generasi penerus bangsa saat ini, lanjut Zarnawi, kita harus berbuat serta berinovasi dalam mengisi perjuangan arti kemerdekaan sesungguhnya untuk melanjutkan perjuangan dan cita cita para pahlawan yang telah gugur. Agar tidak kehilangan makna dalam setiap peringatan hari pahlawan ini, kiranya dapat memberikan suatu energi yang menjadi penambah didalam menggugah kesadaran di setiap elemen bangsa untuk terus bersatu menutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Ujar Wabup.

“Nilai-nilai kepahlawan itu bisa dilakukan dengan cara seperti, percaya kepada tuhan yang maha esa, rela berkorban, jangan mudah dan pantang menyerah, suka menolong dan membantu, budayakan ikut bergotong royong, jika terus dirawat serta dipupuk akan tumbuh bersemi disetiap hati sanubari rakyat indonesia,” terangnya.

Dikesempatan itu juga, Wabup mengimbau, para generasi muda agar terus berkarya dan berinovasi yang memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara sebagai kontribusi dan nilai perjuangan yang telah dibuktikan para pejuang kemerdekaan RI.

"Untuk terus berpartisipasi dalam memperingati hari pahlawan, sebahai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan, seperti yang diucapkan oleh The Founding Fathers (Soekarno) yang menyatakan" Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". Kata wabup.

Ayo kita lanjutkan perjuangan jasa para pahlawan kita dengan mengisi kemerdekaan, bersatu, bergotong royong, dalam membangun negeri. Janganlah kita sia-siakan perjuangan para pahlawan yang te rela berkorban nyawa, harta jiwa maupun raga demi bumi pertiwi kita ini indonesia, marilah kita semua membuktikan bahwa bangsa indonesia ini adalah bangsa yang tangguh dan berdaya saing. Ujar Zarnawi.

Begitu juga dengan Padang Lawas kita ini, terus kita buktikan untuk palas yang semakin "Bercahaya" Kedepanya. Pungkas Wabup Zarnawi. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini