-->

Wabup Palas Tinjau Pasang Implan KB Gratis di Puskesmas Batangbulu

harian9 author photo


PALAS| H9
Dalam rangka Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Tahun 2020, Puskesmas Batangbulu, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utar memasang alat kontrasepsi implan keluarga berencana (KB) gratis kepada 30 pasien, Senin (23/11/2020). 

Pantauan dilokasi kegiatan pemasangan alat kontrasepsi KB itu, khususnya kaum ibu, yang telah memiliki dua anak dianjurkan agar segera melakukan KB untuk menekan laju pertumbuhan penduduk. 

Pelayanan kesehatan untuk masyarakat di kecamatan barumun selatas tersebut, terlihat dari kerjasama semua pihak, termasuk petugas kesehatan dan paramedis, yang harus bekerja sepenuh hati melayani masyarakat.

Dalam hal kegiatan Pemasangan KB Gratis Implan itu Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Tahun 2020,
Pihak Puskesmas memberikan bantuan Pemasangan KB Gratis implan sebanyak 30 orang Pasien.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Padang lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM  M.Si  didampingi Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB3A) Palas Drs. H. Amir Soleh meninjau Langsung Pelayanan KB Gratis dalam rangka Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan tahun 2020 yang dilaksanakan di Puskesmas Batangbulu tersebut.

”Hari ini Pemerintah memberikan pelayanan KB yang berkualitas kepada pasangan usia subur secara gratis, dengan maksud untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk sehingga terwujud penduduk tumbuh seimbang dengan daya dukung dan daya tampung Lingkungan” ujar Wabup.

Zarnawi juga menyebutkan bahwa, dua anak cukup bahagia dan sejahtera, kita harus punya satu cita-cita untuk anak bangsa ini, kita mulai dari bawah, kita mulai dari dasar, kita mulai dari ibu hamil, melahirkan hingga merawat anak-anak.

Untuk itu saya himbau kepada seluruh lapisan Masyarakat Palas untuk mengikuti program Keluarga Berencana demi kesehatan dan kesejahteraan, Kita ingin Kedepan anak-anak Palas mempunyai masa depan dan wawasan lebih baik,  harap Wabup Palas  Ahmad Zarnawi.

Dikesempatan yang sama Kadis PPKB3A Palas Drs. H. Amir Soleh Menyebutkan, kegiatan ini dilakukan Pemkab Palas agar program KB tetap menggema meski dimasa pandemi Covid 19 saat ini.

Selain itu Kadis Menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan di 17 Kecamatan se-palas di masing-masing kecamatan, pasilitas Kesehatan Pemerintah dan praktek bidan mandiri yang sudah bekerjasama dengan pemerintah dan merupakan jejaring pelayanan KB.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan standar pelayanan, para bidan terlatih melakukan pemasangan implan dan IUD bagi Masyarakat yang membutuhkan pelayanan gratis.

Disisi lain petugas KB di lapangan juga memberikan pil dan alat pelindung (kondom) secara gratis kepada Masyarakat yang membutuhkan, pungkas Kadis PPKB3A Palas Drs. H. Amir Soleh. 

Selain Wabup Palas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si  didampingi Kadis PPKB3A Drs.H.Amir Soleh , Turut di hadiri oleh 
Camat Barsel, Kapus batang bulu kecamatan Barumun selatan dr. Fitriani Siahaan, Sekcam barumun selatan, Ibu ketua dan wakil ketua PKK barumun selatan,  Ka UPT KB barumun selatan berserta staf, Babinsa 0212/TS Koramil 08/Barumun, Kopda Sofyan Nasution, dan masyarakat Barumun selatan yang menjadi pasien pada kegiatan tersebut.
(WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini