-->

Sergai

12 TPS Di Tapanuli Selatan Rawan Geografis

harian9 author photo


TAPSEL|H9
Sebanyak 420 personil gabungan Polri, TNI dan Brimob diterjunkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pengamanan (PAM) TPS untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2020. 

Pelepasan para personil tersebut dilaksanakan dalam satu upacara Pergeseran Pasukan (Serpas), yang berlangsung di lapangan bola kaki Sarasi II Desa Bintuju Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (7/12/2020).  

 Apel pasukan dipimpin Inspektur Upacara Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradjana Elhaj, SH, SIK, MH, Komandan Upacara Ipda. Iirwan Sastra Dinata, dihadiri Dandim 0212/ Tapanuli Selatan Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Waka Polres Tapanuli Selatan Kompol H. Hasibuan, SH, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan personil se jajaran Poles Tapanuli Selatan, Pasi, Dan Ramil dan prajurit TNI se Teritorial Kodim 0212/TS, serta pejabat Brimobdasu Yon C Sipirok.  

 Adapun jumlah personil yang diterjunkan untuk PAM TPS Pilkada Tapanuli Selatan tersebut terdiri dari 289 personil Polres Tapanuli Selatan, 30 personil Brimobdasu Yon C Sipirok, 39 personil BKO dari Polres Tapanuli Tengah, 2 personil BKO dari Polres Tapanuli Utara dan 60 personil TNI dari Kodim 0212 / Tapanuli Selatan dan personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pemkab Tapanuli Selatan.

 Apel Serpas ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Tapsel dan penyerahan Sprint Serpas PAM Pilkada tahun 2020 secara simbolis kepada Kapolsek Batangtoru, Batang Angkola, Sipirok dan Kapolsek Saipar Dolok.Hole.

 Usai upacara, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradjana Elhaj, SH, SIK, MH, menyampaikan agar personil yang terlibat Pam TPS mengenali rekan kerja yang ada di TPS masing-masing dan berharap agar personil Polri yang PAM TPS dapat bersinergi dengan TNI dalam mengamankan TPS. Selanjutnya personil PAM TPS agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas.Dan menekankan agar personil PAM TPS baik Polres Tapsel, Brimob dan BKO harus bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu paslon.

 ” Saya tekankan agar seluruh personil PAM TPS dapat menjaga netralitas dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon dan kepada para personil pengamanan dapat menjalankan tugasnya dengan disiplin dan penuh tanggungjawab dan bagi yang melanggar ketentuan yang sudah digariskan akan diberi tindakan sesuai peraturan, " tegasnya.

 Kapolres juga mengatakan untuk Pilkada Tapsel ada 731 TPS, yang mana 713 TPS dalam kondisi aman, 12 TPS kondisi rawan, 5 TPS kondisi sangat rawan, rawan bukan maksudnya keributan tetapi rawan geografis dan bencana serta memiliki medan, transfortasi sulit karena harus jalan kaki dan juga tidak ada akses internet, serta 1 TPS khusus yakni di Lapas Sipirok.

 " Dari 731 TPS, tiap-tiap TPS dijaga 2 personil, sehingga total personil yang dilibatkan PAM TPS sebanyak 1462 personil. Untuk itu, saya minta seluruh personil PAM TPS dapat bekerja dengan disiplin dan penuh tanggungjawab, " tegas Kapolres.

 Khusus kepada para Kapolsek dan Perwira pembantu, Kapolres juga meminta dapat mengawasi kinerja para personil yang bertugas PAM TPS, sehingga pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tapanuli Selatan dapat berjalan aman dan damai.

 " Kita harus tetap mengamankan setiap tahapan Pilkada Tapanuli Selatan ini dengan lebih mengutamakan tindakan  pencegahan dan persuasif agar Pilkada Tapanuli Selatan dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar, " katanya.

 Sementara Dandim 0212/ Tapanuli Selatan Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, menegaskan, keterlibatan unsure TNI dalam PAM Pilkada Tapsel untuk mem back up Polri atau BKO atas permintaan Polridan pada saat dilapangan kita sudah ada ketentuannya dan ada jarak monitor dari TPS

 “ Tentunya dalam rangka deteksi dan cegah dini, kita tetap berkoordinasi dengan segenap unsure PAM supaya tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan sesuai dengan BKO tiap TPS kita siagakan 1 orang prajurut TNI dan saya pesankan kepada seluruh prajuriut untuk tetap memonitor situasi tahapan Pilkada, semoga pelaksanaan Pilkada Taspsel berjalan lancer, “ tegas Dandim. (WD.014)   

Komentar Anda

Berita Terkini