-->

Sergai

Amankan Aset Negara, BPN Tapsel Serahkan 94 Sertifikat Pemkab Palas

harian9 author photo


PALAS| H9
Badan Pertanahan Negara/Agraria Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). kemarin telah menyerahkan 94 sertifkat tanah aset negara yang digunakan sebagai area publik kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (02/12/2020).

Sertifikat yang diserahkan langsung oleh Kepala BPN Tapsel diwakili KTU, Haris Pasaribu dan diterima oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Palas, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumut.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD ) Padang Lawas,Trianta HKD melalui Kabid Aset BPKAD Hasintongan A Manik, Minggu (6/12/2020) lewat pesan WhatsAppnya mengatakan, Penyerahan sertifikasi tanah oleh BPN Tapsel ke pemkab palas yang langsung diterima Bupati padang lawas pada saat acara rapat koordinasi optimalisasi aset daerah dalam bentuk penyelamatan aset daerah di pendopo rumah dinas bupati palas.

Selain itu, serta penyerahan PSU dari pengembang ke pemrintah kabupaten yang dilangsungkan secara serentak seluruh kabupaten kota dan propinsi dalam percepatan optimalisasi penyelamatan aset daerah yang dilaksanakan Rabu. (02/12/2020). Kemarin. Katanya.

Dijelaskan Kabit Asset BPKAD Palas Hasintongan A Manik, Untuk tahun 2020 ini, Pemkab Palas telah menerima penyerahan 94 sertifikat aset daerah yang diserahkan kepala BPN Tapanuli Selatan diwakili KTU, Haris Pasaribu.

Juga penyerahan Pasilitas Sarana Umum (PSU) untuk dua pengembang yaitu CV Balqis dan CV Paya Baruas, kata Kabid Asset BPKAD Palas, HA Manik, seraya menambahkan BPN Tapsel yang telah membantu Pemkab Palas dalam mengamankan aset-aset negara milik Pemkab Palas karena karena tidak semua aset pemkab yang sudah memiliki sertifikat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BPN Tapsel yang telah membantu pemkab dalam penerbitan sertifikat tanah aset ini. Seperti kita ketahui bersama, belum semuanya aset pemkab memiliki surat-surat sah seperti sertifikat," ujar HA. Manik.

HA Manik menilai, sertifikat ini sangat penting bagi yang berhak atasnya sehingga konflik-konflik agraria dan sengketa bisa dihindari. Dia tidak memungkiri bahwa saat ini beberapa aset pemkab yang belum memiliki sertifikat masih banyak, kami terus berusaha dan bekerja dalam memaksimalkan terkait pendataan asset pemkab palas agar sertifikatnya dapat diterbitkan.

"Ya Hari rabu kemarin, pemkab sudah  menerima 94 sertifikat. Mudah-mudahan aset lainnya bisa segera dapat disertifikatkan, sehingga asset pemkab palas semakin banyak yang tersertifikat kedepannya," Ujar HA Manik. Selaku kabid Asset yang bekerja dengan sepenuh hati.

Bahwa dalam hal penyerahan sertifikat ini setelah adanya permintaan dari pemkab dan juga unsur-unsur penerbitannya terpenuhi, Kabid Asset pun terus mendorong agar aset-aset pemkab lainnya bisa segera diajukan untuk diterbitkan sertifikatnya. Timpalnya.

"Pemkab Palas menyerahkan sertifikat yang dimohonkan. Kantor BPN Tapsel hanya memproses atas dasar permohonan pemilik aset. Dan kemarin kami sudah menyampaikan kepada Bapak Bupati agar pemkab juga segera mengajukan aset lainnya, sehingga aset-aset ini nanti bisa aman dari sengketa dengan pihak-pihak lain,” pungkas Kabid Asset BPKAD Palas, Hasintongan A Manik.

Sebelumnya, Pada saat menerima sertifikat aset milik pemerintah daerah tersebut Bupati Ali Sutan didampingi Sekertaris Daerah, Arpan Nasution, S.Sos, Asisten I Setdakab GT Hamonangan Daulay, dan Kapolres Padang Lawas, AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK.

Dalam kesempatan tersebut  Bupati Palas H. Ali Sutan, meminta kepada BPKAD kabupaten Palas supaya terus melakukan pendataan dan pengamanan aset daerah. Khususnya tanah yang telah menjadi aset daerah Kabupaten Padanglawas,” kata Bupati.

Ali Sutan menambahkan, bahwa hal ini bertujuan untuk  menghindarkan terjadinya korupsi yang merugikan keuangan negara dan pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas. Ujar Bupati. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini