-->

DLHK Palas, Serahkan Peralatan Pengendalian Karhutla Ke MPA di Desa Pintu Padang

harian9 author photo


PALAS| H9
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menyerahkan bantuan sarana prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dirangkai dengan Pelatihan dan pembekalan pengendalian Karhutla kepada masyarakat Kecamatan Ulu Barumun di Desa Pintu Padang, terakhir pelaksanaannya Kamis kemarin. 

Demikian disampaikan Kadis LHK Kabupaten Palas Ir. Maslan Hamdani R. Yang diwakili Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si. dikantor DLHK Palas, kepada Harian9.com. Rabu. (29/12/2020).

Peralatan yang diserahkan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) desa pintu padang tersebut terdiri dari 17 jenis peralatan Karhutla yakni, berupa 1 unit Kompas, Clinometer 1 unit, Alrimeter 1 unit, Kampak Dua Fungsi (Puladki Axe) 3 unit,  Garu Pacul (Forestry"Mclsod"fire tool) 3 unit, Golok/parang 5 unit, Gepyok api (fire swstter), 5 unit, sekop api (long handie firefighting shovel) 4 unit, garu tajam (steel fire rake) 5 unit, dan pompa punggung 5 unit.

Selanjutnya, pakaian tahan panas sebanyak 1 set, hemm pemadam kebakaran 1 set, sepatu pemadam kebakaran 1 set, sarung tangan 1 set, masker dan sekaligus penutup leher 1 set, lampu kepala 1 set, dan kacamata pengaman 1 set. Ujar Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si.

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Kadis LHK Kabupaten Palas Ir. Maslan Hamdani R. Yang diwakili Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si. kepada perwakilan masyarakat yang diterima Damri Hasibuan dan Ketua kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pintu Padang Ali Usnan Pulungan, untuk mendukung upaya pencegahan dan pemadaman yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah tersebut.

Hadir pula dalam acara penyerahan peralatan tersebut Narasumber dari Manggala Agni Daops Labuhanbatu, Ismail Harahap bersama rekannya Hancang Harahap, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas, perwakilan dari Kepala Desa Pintu Padang Zulfan Daulay, diwakili Sekretaris Desa Damri Hasibuan, perangkat desa, Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Pintu Padang Ali Usnan Pulungan, beserta seluruh anggota pelatihan dan pembekalan karhutla desa pintu padang.

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kabupaten palas telah banyak dilakukan, meliputi patroli terpadu yang bekerjasama dengan TNI, POLRI, serta Masyarakat, dan penanaman pada lahan rawan karhutla; dan Pemerintah Daerah juga mendorong perusahaan dan perkebunan agar memenuhi kewajiban terkait pengendalian karhutla.

"Dengan membentuk relawan Masyarakat peduli api (MPA) dalam upaya Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan untuk fase kali ini dilaksanakan pelatihan dan pembekalan pengendalian Karhutla dan bekerjasama dengan Manggala Ani Daops Labuhanbatu, Satpol PP dan Damkar". Kata Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si.

Pelatihan dan pembekalan tersebut ditandai dengan penerangan atau kegunaan pelatan pengendalian karhutla tersebut oleh narasumber dan pelatih dari Manggala Agni Daops Labuhanbatu dan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Palas., dalam upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) kepada 20 orang MPA Desa Pintu Padang. Tutur Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si.

Acara tersebut digelar di halaman komplek Rumah Kepala desa Pintu Padang,  Kecamatan Ulu Barumun ini, juga disaksikan oleh masyarakat setempat.

Sebelumnya, Pelatihan dan pembekalan tersebut juga telah dilaksanakan dienam wilayah lainnya yakni kepada 20 orang MPA yanh terdiri ketua, bendahara, sekretaris serta anggota di Desa janji lobi, Kecamatan Barumun, Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Barumun Selatan,
Desa Marenu, kecamatan Aek Nabara Barumun, Desa Gulangan, Kecamatan Sihapas Barumun, Desa  Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun, dan di
Desa botung, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Palas, Pungkas Kabid Kehutanan DLHK Palas Ramlan, SP, M.Si. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini