-->

Enam Unit Rumah Terbakar di Padangsidimpuan

harian9 author photo


PADANGSIDIMPUAN H9
Sebanyak 6 unit rumah papan dan semi permanen yang dihuni 24 jiwa, di Kelurahan Kantin Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, ludes terbakar, Senin (21/12/2020), sekira pukul 20.00 Wib.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sementara para korban yang kehilangan tempat tinggal, sementara diungsikan di salah satu sekolah dan sanak kekuarga yang ada di wilayah tersebut.

Dari data yang dihimpun, ke 6 KK yang rumahnya terbakar tersebut yakni, Ilham Daulay (45) yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, Julisman Chaniago (63) bekerja sebagai wiraswasta, Rajab Hasibuan (55), bekerja sebagai wiraswasta, 
Bahron Nasution (50), bekerja sebagai wiraswasta, Rudi (40), bekerja sebagai wiraswasta dan Yusni Hasibuan (54), bekerja sebagai pedagang.

Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH mengatakan, kebakaran di pemukiman padat penduduk yang menghanguskan 6 rumah warga tersebut terjadi sekira pukul 20.00 Wib. Namun sumber api sampai saat ini belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

" Kondisi api sudah padam dan kejadian tersebut telah kami laporkan juga kepada Bapak Walikota Padangsidimpuan dan kami telah melakukan koordinasi dengan unsure Forkopimcam untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya, “ ujar Zulkifli.

Disebutkannya, pada peristiwa kebakaran tersebut, api baru dapat dipadamkan sekira 3 jam kemudian atau pukul 23.00 Wib, setelah diturunkannya 4 unit mobil Pemadan Kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan, ditambah satu unit Damkar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan dan satu unit mobil water canon milik Polres Tapanuli Selatan.

" Atas kejadian tersebut, kami telah melakukan tindakan dengan membuat laporan kejadian ke pimpinan dan mendirikan Posko bantuan korban bencana kebakaran. Sementara personil kepolisian dari Polres Padangsidimpuan dibantu personil TNI dan BPBD, langsung mengamankan lokasi kebakaran dengan memasang police line, serta mengamankan barang bukti, " terang Camat.
 
Sebelumnya, beberapa saksi mata mengatakan, apu diperkirakan berawal dari salah satu rumah warga yang terbuat dari papan dan menyambar ke rumah yang lain, ditambah dengan angin yang cukup kencang menyebabkan api membesar dengan cepat dan menghanguskan 6 unit rumah dan beberapa rumah lagi di robohkan untuk memcegah rembetan api ke rumah lainnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini