-->

Kampung Tangguh Binaan Polres Palas Ditinjau Tim Poldasu

harian9 author photo


PALAS| H9
Lokasi Kampung Tangguh binaan Polres Padang Lawas (Palas) Desa Gunung Manobot, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, ditinjau Tim Suvervisi Binmas Polda Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020).

Wakapolres Padang Lawas, Kompol JW Sijabat SH, Kapolsek Barumun AKP Miftahudin, SE. bersama Bhabinkamtibmas Polsek Barumun, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap, Ketua Pemuka Agama Mitra Kamtibmas (PAMK), H.Pauzan Hamidy Hasibuan. S.Ag, S.THi., dan Kepala Desa Gunung Manobot, Ikhwan Nasution, menyambut Kunjungan dari Tim Suvervisi Poldasu.

Kapolres Padang Lawas, AKBP Jarot Yusviq Andito. SIK., melalui Wakapolres Kompol JW Sijabat. SH didampingi Kapolsek Barumun, AKP Miftahuddin mengatakan, Kunjungan dari Tim Supervisi Binmas Poldasu sekaligus peninjauan ini bertujuan untuk melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Barumun bersama warga desa, dalam kegiatan program ketahanan pangan bentuk budidaya pengembangan ikan air tawar sebagai kampung tangguh binaan Polres Palas.

Dalam kunjungan itu, rombongan Suvervisi Poldasu juga melihat langsung pemanfaatan saluran irigasi untuk dijadikan lubuk larangan pengembangan ikan tawar di kampung tangguh ini ,dirangkai dengan penaburan benih ikan sebanyak 5000 ekor jenis ikan mas dan nila. Kata Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat. SH.

Selain itu, rombongan Suvervisi Poldasu juga mendengarkan laporan dari Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap dan Kepala Desa Gunung Manobot, Ikhwan Nasution mengatakan kampung tangguh ini memanfaatkan irigasi saluran air untuk dijadikan lubuk larangan pengembangan budidaya ikan tawar untuk dijaga secara bersama sebagai lubuk larangan.

Dimana Lokasi lubuk larangan ini, diperuntukan untuk pengembangan budidaya ikan. Disamping itu, untuk tanggungan keamanan dengan kegiatan aktif siskamling desa, ketangguhan dalam bidang kesehatan melalui sarana posyandu dan penerapan protokol kesehatan terhadap warga. kata Ikhwan Nasution.

Hal lainnya, ketangguhan ketahanan pangan karena diwilayah Kecamatan Lubuk Barumun ini ada pengembangan kolam ikan lele, lokasi hamparan persawahan dengan tanam padi serta budidaya tanaman palawija yang terus dikembangan para petani untuk menopang peningkatan ekonomi petani. Ujarnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Padang Lawas, Iptu Rahmat Saleh Nainggolan. SH menjelaskan, kampung tangguh bertujuan untuk menyiapkan masyarakat yang tangguh, baik dalam segi Kamtibmas, melawan wabah penyakit, juga tangguh dalam hal perekonomian masyarakat yaitu ketahanan pangan, kata Kasat Binmas Polres Palas.

Kasat Binmas polres Palas, Iptu Rahmat Saleh Nainggolan. SH. menambahkan, tim Suvervisi Poldasu mengharapkan kepada masyarakat agar selalu waspada dalam penanganan Covid-19 dan terus melakukan pengembangan ketahanan pangan melalui kegiatan budidaya peternakan, ikan tawar serta tanaman palawija sebagai sumber tambahan ekonomi

Disebutkan juga, jika pandemi ini berkepanjangan masyarakat harus siap dalam segala bidang, baik dalam segi kebersihan desa, dan diri sendiri juga ketahan pangan agar dapat bertahan dalam situasi wabah Covid -19.

Desa binaan yang menjadi kampung tangguh Polres Padang Lawas wajib mengikuti protokol kesehatan dengan selalu mengikuti anjuran pemerintah 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan serta Menjaga Jarak). Kata Kasat Binmas Polres Palas.

“Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak menganggap remeh terhadap wabah Covid-19 ini, tetapi harus selalu waspada dan meningkatakan kedisiplinan diri dengan protokol kesehatan,“ pesan Kasat Binmas Polres Palas, Iptu Rahmat Saleh kepada Kepala Desa Gunung Manobot, Ikhwan Nasution serta masyarakat yang turut hadir.

Dalam kunjungan tersebut Tim Suvervisi dari Poldasu selain diterima Waka Polres Palas, Kompol JW Sijabat.SH, Kasat Binmas, Iptu Rahmat Saleh Nainggolan.SH, Kaoplsek Barumun, AKP Miftahuddin, SE. serta Bhabinkamtibmas Polsek Barumun. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini