-->

Kapolres Padangsidimpuan Imbau Ummat Nasrani Ikuti Prokes Saat Ibadah Nataru

harian9 author photo


PADANGSIDIMPUAN|H9
Dalam rangka menyambut perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepolisian Resort (Polres) Padangsidimpuan menggelar silaturahmi Kamtibmas dengan pendeta dan pimpinan gereja se Kota Padangsidimpuan, yang digelar di Aula Kantor Camat Padangsidimpuan Utara,  Senin (14/12/2020).

Dalam silaturrahmi tersebut dihadiri Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, Kasat Intelkam AKP. AKP. Nazaruddin Siregar, SH, Kasat Binmas Sulham Arifin Siregar, SH, Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kota Padangsidimpuan diwakili Wakil Sekretaris Umum Pdt. Fortune Siagian, Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH, mewakili Pemerintah Kora Padangsidimpuan, serta pimpinan gereja se Kota Padangsidimpuan.

Ketua BKAG Kota Padangsidimpuan melalui Wakil Sekretaris Umum Pdt. Fortune Siagian menyampaikan, terimakasih kepada pihak kepolisian, yang memgingatkan, memperhatikan dan memberi himbuan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada ummat Nasrani yang akan merayakan Natal pada tahun ini dan perayaan Tahun Baru 2021 serta memberikan keamaan, agar ummat Nasrani dapat menjalankan ibadah dengan rasa tenang, tenteram dan sejahtera.

" Kami berterima kasih atas silaturahmi ini, karena bisa berkumpul dengan keadaan sehat dalam rangka untuk menjalin silaturahmi serta memberikan rasa aman dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, " kata Fortune.

Ia juga mengajak seluruh pimpinan gereja maupun para pendeta mendukung upaya Polres Padangsidimpuan dakam pengamanan Natal dan Tahun Baru, khususnya dalam penerapan Prokes Covid-19, sehingga pelayanan Polres Padangsidimpuan dapat dirasakan oleh seluruh ummat Nasrani yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

" Kita juga harus bisa membawa pesan agar rumah ibadah menjadi contoh penegakan disiplin Prokes, hal tersebut sekaligus mengurangi risiko klaster Covid-19 akibat kerumunan, tanpa mengesampingkan aspek spiritualitas umat, " ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH dalam himbauannya menyampaikan, dalam menghadapi perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Polri siap menjamin akan keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru di Kota Padangsidimpuan yang dilakukan umat nasrani. 

" Namun demikian mohon kerjasamanya semua pihak untuk bersama-sama menjaga situasi di Kota Padangsidimpuan dalam mengantisipasi segala bentuk gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, " katanya, 

Kapolres menambahkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini akan sedikit berbeda dalam melaksanakan perayaannya dan kegiatan keagamaan mesti memahami situasi di lingkungan rumah ibadah guna mencegah terjadinya cluster baru Covid-19 di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

" Pelaksanaan ibadah berjemaah di rumah ibadah harus dilaksanakan dengan menerapkan Prokes yang ditetapkan pemerintah demi kesehatan kita semua, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat lebih sempurna, " tuturnya.

Terkait pengamanan selama pelaksanaan ritual ibadah Natal dan Tahun Baru, Kapolres menegaskan, jajaran Kepolisian dari Polres Padangsidimpuan juga telah menyiapkan personil pengamanan gereja-gereja di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan.

" Kita telah menyiapkan personil pengamanan gereja, minimal 1 orang satu gereja, tergantung banyaknya jumlaj jemaat gereja yang mengikuti ibadah. Artinya, kalau jemaat gereja orangnya banyak, maka personil yang tugas pengamanan juga banyak, " terangnya.

Sementara mewakili Pemko Padangsidimpuan Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH mengapresiasi kegiatan tatap muka dsn silaturrahmi Kamtibmas antara Kapolres Padangsidimpuan dengan para pimpinan gereja dan juga mendukung Polri dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, sehingga bisa terlaksananya perayaan natal dan tahun baru ini secara aman dan damai.

" Kiranya apa yang disampaikan ibu Kapolres tadi terkait penerapan Prokes selama perayaan Natal dan Tahun Baru dapat kita jalanlan agar pelaksanaan ibadah berjalan lancar, karena dimana diketahui Kemenag Ri juga telah mengeluarkan surat edaran Kemenag RI No.23 tahun 2020 tanggal 30 November 2020 tentang 5 panduan ibadah perayaan Natal 2020, " terang Zulkifli. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini