-->

Kapolres Tapsel Pimpin Rakord Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2020 Di Paluta

harian9 author photo


PALUTA| H9
Menghadapi perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Kepala Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH pimpin rapat koordinasi lintas sektoral operasi Lilin Toba 2020 dalam rangka kesiapan pengamanan yang digelar di aula rapat Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Jumat (18/12).

Rakor yang dimulai sekitar pukul 15.00 Wib dihadiri oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Sekdakab Paluta H Burhan Harahap, Dandim 0212 TS diwakili Pabung, Dansub Denpom, Danyon Brimobdasu, Kemenag Paluta, UPBU Aek Godang, sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Paluta, pimpinan gereja atau tokoh umat kristiani kabupaten Paluta, pimpinan lembaga keagamaan, Danramil, Kapolsek dan camat se kabupaten Paluta, manajer cabang PLN Gunungtua, manajer hotel dan pemilik tempat wisata se kabupaten Paluta, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya.

Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH dalam arahannya menyebutkan bahwa rapat koordinasi operasi Lilin Toba 2020 ini dilaksanakan untuk menentukan langkah dalam pengamanan perayaan Natal dan tahun baru.

Katanya, kepolisian akan melaksanakan operasi terpusat dengan melibatkan beberapa instansi terkait seperti TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan serta pihak lainnya yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif pada saat perayaan natal dan tahun baru.
“Dalam situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita anjurkan untuk ibadah Natal dilakukan secara Daring sesuai instruksi Bapak presiden RI dan Mendagri. Apabila memang harus dilaksanakan ibadah langsung, tetaplah mematuhi protokol kesehatan dan begitu juga untuk perayaan pergantian tahun agar tidak melakukan perayaan yang menyebabkan keramaian dan kerumunan,” ujarnya.

Tambahnya, operasi pengamanan dengan sandi ‘Lilin Toba 2020’ juga akan mengamankan objek vital tempat ibadah, tempat wisata dan fasilitas umum lainnya serta kegiatan masyarakat yang menyebabkan terjadinya kerumunan massa dan pihaknya bersama petugas lintas sektoral lainnya akan melakukan pengawasan agar kegiatan menerapkan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya kerumunan masyarakat.

Karena itu, ia juga berpesan kepada para manajer hotel maupun pemilik tempat wisata agar menerapkan protokol kesehatan dan disarankan untuk membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui di tahun 2020 APBN untuk anggaran penanganan Covid-19 nilainya mencapai ratusan triliyun rupiah. Nilai tersebut sangat besar sehingga akan sia-sia jika kita tidak membantu program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan situasi akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Paluta sudah cukup banyak pasien terkonfirmasi positif Covid-19, salah satu tugas kita adalah mencegah terjadinya penularan virus Covid-19,”katanya,

Dan berkaitan dengan pemudik agar nantinya setiap pemudik melapor ke tim gugus tugas Covid kabupaten Paluta agar nantinya bisa di cek bagaimana kondisi kesehatan dari si pemudik.

“Untuk kita ketahui hari Senin nanti sudah dilaksanakan operasi lilin dan akan dilaksanakan upacara operasi lilin yang dijadwalkan akan dipusatkan di Padang Sidimpuan,” tukasnya.

Sementara, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH berharap agar Operasi Lilin Toba 2020 lintas sektoral pengamanan Tahun baru berjalan dengan aman dan baik agar nantinya perayaan Natal dan Tahun baru dapat terlaksana dengan baik serta tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di kabupaten Paluta.

Dan penempatan pos polisi atau pengamanan yang ada di kabupaten Paluta serta tekhnis untuk pelaksanaannya akan  dijadwalkan kapan dilaksanakan serta dilakukan rapat tindak lanjut untuk proses pelaksanaan teknis dilapangan.

“Semoga perayaan Natal maupun Tahun Baru dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusifitas didaerah kita dapat terjaga tanpa adanya penyebaran virus Corona seperti yang kita waspadai,” harapnya.

Ketua FKUB kabupaten Paluta H Awaluddin Harahap menyampaikan bahwa pihak mendukung pelaksanaan hari Natal dan Tahun baru di kabupaten Paluta sesuai dengan aturan dan anjuran pemerintah untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Senada, Pendeta HKBP Gunungtua Pdt Goodness Solis didampingi Petua Gereja GKPI Rokan Baru Resman Purba menyampaikan terima kasih kepada pihak kepolisian dan Pemkab Paluta yang telah memperhatikan perayaan natal dan tahun baru di kabupaten Paluta.

Tambahnya, dalam pelaksanaan ibadah setiap minggunya pihaknya sudah membagi jemaah menjadi 2 bagian secara bergantian, memakai masker dan cuci tangan sudah disiapkan untuk perayaan ibadah di GKPI Rokan Baru.

“Kami akan melaksnakan perayaan natal pada malam tanggal 24 sampai 25 Desember dan malam tanggal 31 Desember hingga 1 Januari dan sesuai arahan pihak kepolisian dan pemerintah, kami akan menghindari kerumunan massa di gereka GKPI Rokan Baru,” jelasnya.

Kemudian, salah satu perwakilan pengusaha perhotelan yakni manajer Hotel Sapadia menyebutkan bahwa sejak adanya Pandemi Covid-19 pihaknya sudah melaksanakan anjuran dari Pemkab Paluta dengan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk pengunjung dan karyawan ataupun setiap acara yang dilaksnakan di aula hotel Sapadia.

“Untuk akhir tahun ini mungkin banyak tamu yang akan datang dan kami akan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kalau bisa untuk pengamanan, kami membutuhkan pendampingan pengamanan untuk menjaga keamanan di hotel sapadia menghadapi pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun baru agar berjalan aman dan lancar,” katanya.

Kegiatan Rakord Operasi Lilin Toba Tahun 2020 selesai pada pukul 17.00 Wib dan selama pelaksanaan rapat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini