-->

Sergai

Kwarcab Palas Gelar Pelatihan dan Pembekalan Pramuka Peduli Siaga Bencana

harian9 author photo


PALAS| H9
Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Padang Lawas (Palas) menggelar pelatihan  dan Pembekalan Pramuka  Peduli dengan materi ” Siaga Bencana ” kepada para anggota dewasa, Pramuka Penegak dan Pandega yang berlangsung selama dua hari Jum’at sampai Sabtu (04,05,/12/20) yang dilaksanakan di Aula gedung SMK N 1 Lubuk Barumun.

Ketua Panitia yang Juga merupakan Ketua Harian Kwarcab Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan MM mengatakan, pelatihan siaga bencana tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga relawan Pramuka Peduli dalam penanggulangan bencana, Jumlah peserta sebanyak 85 orang yang terdiri dari 5 utusan kwartir.

Ditambahkannya, karena negara kita berada pada wilayah Ring Of Fire atau cincin api yang terdiri dari gunung vulkanik dan patahan tektonik sehingga bencana tidak bisa dihindarkan. Hal itu, menurutnya sudah sifatnya, Oleh sebab itu penting, bagaimana mengajari masyarakat untuk bertahan terhadap situasi tersebut dan bagaimana melakukan tindakan mitigasi atau pencegahan terhadap bencana.

Lanjut Zainuddin, “Bencana juga bisa terjadi karena buatan atau ulah manusia, seperti banjir karena hutan gundul, dan banjir karena banyaknya sampah menyumbat got-got, makanya kepedulian itu tidak hanya pada saat terjadi bencana, tapi peduli juga bermakna sebagai sikap atau tindakan mitigasi dalam mencegah bencana.

Menurutnya gerakan Pramuka harus tahu dimana berpihak, bahwa ia harus berpihak pada kepedulian dan semangat kesukarelawanan harus merasuk pada jiwa setiap anggota Pramuka.

“Saya mau melihat gerakan Pramuka itu mengambil peran pada tindakan pencegahan bencana dari ulah manusia, sehingga demikian saya berharap setelah pelatihan ini digelar, ada rencana aksi di setiap kwartir ranting, ” imbuhnya di hadapan peserta dan pembina Pramuka.

Kegiatan pelatihan pramuka peduli bencana ini dilanjutkan dengan pembentukan satgas pramuka peduli bencana, (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini