-->

PC IBI Paluta Gelar Workshop Penanganan Dan Pencegahan Infeksi Ibu Hamil, Bersalin dan Masa Nifas

harian9 author photo


PALUTA| H9
Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar workshop penanganan dan pencegahan infeksi pada ibu hamil, bersalin dan masa nifas pada masa pandemi Covid-19 di Aula cafe Keluarga, Gunungtua, Rabu (16/12).

Kegiatan yang dibuka oleh ketua PC IBI Kabupaten Paluta Ernita Manurung S.Tr.Keb diikuti oleh puluhan bidan yang merupakan anggota dan pengurus PC IBI Paluta dengan menghadirkan narasumber yakni Arihta Sembiring SST MKes yang merupakan bendahara PD IBI Sumut, Erna Khairani SKeb yang merupakan penanggung jawab program KIA pada Dinkes Paluta serta dr Irwan yang merupakan dokter penanggung jawab pasien Covid-19 pada RSUD Paluta Aek Haruaya.

Ketua PC IBI Kabupaten Paluta Ernita Manurung S.Tr.Keb dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini dilakukan untuk memberikan peningkatan pemahaman kepada para peserta tentang pencegahan dan penanganan infeksi kehamilan, persalinan dan masa nifas serta upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19.

“Pada kegiatan ini ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan dulu ter update kembali. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan khususnya bidan sehingga nantinya dapat menurunkan kematian ibu dan bayi serta dapat mengetahui langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona bagi ibu hamil,” jelasnya.

Katanya, infeksi merupakan salah satu masalah yang sering terjadi bagi ibu hamil, bersalin maupun masa nifas sehingga upaya mencegah dan mengendalikan infeksi menjadi salah satu program utama dalam melindungi masyarakat untuk kehamilan, persalinan dan masa nifas yang sehat apalagi di musim pandemi Covid-19 saat ini.

Ia juga menyebutkan bahwa workshop ini nantinya dapat memberikan pemahaman tentang tata cara mencegah terjadinya infeksi pada masa kehamilan, persalinan dan masa nifas serta memutus siklus penyebaran Covid-19 di kabupaten Paluta.

“Para peserta nanti diharapkan bisa memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang perawatan luka agar tidak terjadi infeksi pada saat hamil, bersalin maupun masa nifas dengan tepat di wilayah kerja masing-masing,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu narasumber dr Irwan yang merupakan tim dokter penanggung jawab pasien memaparkan tentang langkah-langkah dan upaya untuk menghindari penularan Covid-19 khususnya bagi pasien ibu hamil, bersalin ataupun di masa nifas.

Pantauan, kegiatan yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ini juga diisi dengan sesi dialog dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini