-->

Pemkab Tapsel Juara Lomba Profil Investasi Daerah Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumut

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil meraih juara pada lomba penulisan profil investasi daerah Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut), yang digelar melalui zoom meeting di ruang rapat Bupati Tapsel, Kamis (17/12/2020).

 Pengumunan pemenang yang di selenggarakan oleh Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM sejumlah pimpinan OPD Tapsel dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tapsel Isnut Siregar.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, mengatakan, bahwasanya kegiatan yang mengangkat tema, ‘Mewujudkan Tersedianya Data dan Informasi Potensi Daerah Yang Komprehensif dan Aktual’,

di selenggarakan oleh Perwakilan BI Sumut ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk memperkenalkan potensi masing-masing daerah yang ada di Kabupaten/Kota se-Sumut untuk menarik calon investor ke daerah.

 “ Ada beberapa calon investor yang ingin berinvestasi di Tapsel, namun daerah harus menciptakan suasana yang kondusif, baik dalam menerbitkan perizinan yang harus tetap mematuhi regulasi yang berlaku serta harus tetap menjaga kelestarian lingkungan, “ ujar Syahrul.

 Disebutkannya, potensi yang ada di daerah kami (Tapsel) yaitu potensi di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata begitu juga di bidang pertambangan. Di bidang pertambangan Tapsel memiliki tambang emas di Batangtoru dan saat ini juga investor sedang membangun energy baru terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru yang melintasi di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Sipirok, Marancar dan Batang Toru.

 Ini merupakan beberapa contoh bagaimana Tapsel memperkenalkan potensi daerah, sekaligus memberi kemudahan kepada investor lainnya. Sedangkan di bidang skala kecil Tapsel memiliki 36 Kelurahan, 212 Desa yang terdiri dari 15 Kecamatan, “ ucap Syahrul. 

 Menurutnya, bahwa pada tanggal 21 Desember mendatang, Pemkab Tapsel akan menerima penghargaan di bidang penyelamatan lingkungan berupa Kalpataru dari Pemerintah Pusat yaitu  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

 “ Bagaimanapun juga pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan harus tetap terjamin demi kelestarian ekosistem yang ada untuk diwariskan kepada anak cucu kita di masa yang akan datang, sehingga nantinya dalam menjaga lingkungan akan tumbuh secara bersama di tengah-tengah masyarakat, “ tuturnya.

 Disebutkannya, dengan terjaganya lingkungan dan alam terjaga, maka proyek strategis termasuk PLTA akan terjamin keberlangsungannya kaena kebutuhan air untuk terus mengalir sehingga energi listrik yang di hasilkan nantinya bisa di nikmati oleh masyarakat dengan volume yang di hasikannya cukup besar hingga 510 megawatt.

 “ Selain itu Pemkab Tapsel juga selalu terus mendorong pelaku UMKM untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan, seperti halnya penghasil kopi yang saat ini cukup berkembang dan penghasil kopi di Tapsel ada dibeberapa Kecamatan yaitu Kecamatan Sipirok, Marancar, Arse, Saipar Dolok Hole, Aek Bilah dan Angkola Timur begitu juga dengan home industri tenun dan batik Tapsel, yang pada kurun waktu tiga tahun ini sudah tumbuh dan berkembang dengan baik atas bimbingan Bank Indonesia, “ jelasnya.

 Sebelumnya Kepala Perwakilan BI Sumut Ibrahim mengatakan, bahwa lomba ini bertujuan untuk mengumpulkan partisipasi dari seluruh OPD dari mulai tanggal 9 sampai 30 November 2020. Antusias dari seluruh peserta lomba sangat besar, walaupun kegiatan ini baru pertama kami diselenggarakan di tahun 2020 ini dan mengajak kepada semua pihak agar tidak berhenti berkarya serta terus melaksanakan kn ma demi kemajuan Sumut kedepan.

 “ Kami sadar upaya penggalian potensi daerah belum siap sepenuhnya, karena peluang investasi tersebut merupakan pekerjaan rumah yang tidak dapat segera di selesaikan perlu proses koordinasi yang erat dan tahapan-tahapan tertentu yang berkelanjutan. Oleh karena itu kami tetap mendukung upaya ini dengan menggelar lomba-lomba di tahun depan sehingga bisa memberi motivasi untuk kita semua, “ terang Ibrahim. 

 Adapun para pemenang lomba penulisan profil investasi daerah tingkat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Juara 1 Kabupaten Tapanuli Selatan, Juara II Kota Medan, Juara III Kabupaten Labuhanbatu Utara. Juara harapan I Kabupaten Nias Selatan dan Juara harapan II Kabupaten Tapanuli Utara. Sedangkan karya terfavorit jatuh kepada Kota Tebing Tinggi dan Karya terlengkap jatuh kepada Kota Gunung Sitoli. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini