-->

Sergai

Perlunya FGD di Aceh Tamiang Agar OPD Dapat Melakukan Berbagai Terobosan

harian9 author photo


ACEH TAMIANG| H9
Bupati Aceh Tamiang membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Fasilitasi Inovasi Daerah, kegiatan berlangsung di Aula Bappeda pada Kamis (10/12/2020).

Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH. Mkn dalam sambutannya mengatakan, saat ini dunia sedang dihadapkan dengan perubahan besar yang dikenal dengan Revolusi Industri, hal ini menuntut kita harus bergerak lebih cepat, aktif juga kreatif dalam melahirkan inovasi-inovasi mengikuti perkembangan serta persaingan,"terangnya.

"Meski tidak semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten mampu melahirkan terobosan-terobosan, namun begitu Aceh Tamiang memiliki banyak Inovasi dalam memberikan Layanan Publik berbasis Informasi Teknologi (IT). 

Bupati juga menyampaikan, untuk memantapkan tata kelola Pemerintahan yang baik, melayani, berkualitas dan berbasis Information Communication Technology (ICT) sesuai dengan misi Pemerintahan Bermutu, tidak usah memiliki keinginan yang terlalu tinggi, lakukan dari hal kecil dan sederhana tapi tetap terus melaju dan tidak stagnan,"tegasnya.

“Banyak pemasok Bunga Kertas berasal dari Sumatera Utara dan masyarakat kita umumnya banyak yang membelinya. Saya melihat pohonnya itu sedikit daunnya, banyak bunganya dan diharapkan Dinas Pertanian dapat mengembangkan bibit bunga yang seperti itu,  ini juga sebuah Inovasi. 

"Terkait surat menyurat, agar Dinas terkait membuat inovasi untuk disposisi surat, tidak lagi dilakukan secara manual namun sudah menggunakan Aplikasi, sehingga dimanapun dapat segera didisposisi. 

“Perlu adanya percepatan di daerah Bumi Muda Sedia dan jangan lagi untuk berkembang harus menunggu dari Pusat. Sebagai contoh SIPD, kalau tidak didesak dari Pusat maka kita masih memakai Simda dan diharapkan para OPD bisa terus berinovasi secara mandiri dalam mengembangkan ide serta kreativitas, sehingga mampu bersaing di tingkat lokal maupun global,"ungkap Bupati. 

Kegiatan FGD tersebut menghadirkan empat Narasumber dari Universitas Syiah Kuala yaitu Dr. Ir. Agussabti, M. Si, Prof. Dr. Ir. Rina Sriwati, M.Si, Dr. Syaifullah, ST, M. Eng dan Dr. Ir. Elly Kesumawati, M. Agric dan diikuti oleh lima puluh lima orang peserta yang terdiri dari kepala OPD dilingkungan Kabupaten Aceh Tamiang, serta dihadiri oleh para Kepala Bagian dalam lingkungan Setdakab dan para Camat serta tamu undangan lainnya. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini