-->

Polri dan TNI Siap Amankan Natal dan Pergantian Tahun

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Sebanyak 192 personil Polres Tapanuli Selatan yang dibantu personil dari institusi lainnya, dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan hari besar keagamaan yakni Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara, di halaman Mapolres Tapsel, Senin (21/12/2020).

Apel gelar pasukan Lilin Toba 2020 dipimpin Inspektur Upacara Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, dengan Perwira Upacara Kasat Lantas AKP. Zaenal Muhlisin, SH. dihadiri Bupati Tapanuli Selatan diwakil Asisten I Hamdan Zen Harahap  SH, Bupati Padang Lawas Utara diwakili Sekdakab, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, mewakili Danyon C Brimobdasu Tapsel, mewakili Danyon 123/RW, Kaban Kesbangpol Tapsel Hamdy S Pulungan, S.Sos, Kasatpol PP Tapsel Zulkifli Harahap, para Kabag, Kasat, Kapolsek dan seluruh perwira Polres Tapsel.

Sementara peserta upacara terdiri dari satu pleton prajurut TNI dari Kodim 0212 /TS, satu pleton prajurit Batalyon Infantri 123/RW, satu pleton personil Brimob Den C Poldasu Sipirok, satu pleton personil Polres Tapsel, satu pleton personil Sat Lantas Polres Tapsel, satu pleton personil gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim, satu pleton personil Dishub, satu pleton personil Satpol PP dan satu pleton personil Damkar.

Pada kesempatan itu, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, bersama Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, juga melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan dan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personil, mulai dari pesiapan sarana kenderaan patroli dan kondisi personil yang akan melaksanakan PAM Lilin Toba.

Kapolri Jenderal Pol Idham, Azis dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH mengatakan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak diseluruh jajaran merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personil, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan serta guna memperkuat solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pegamanan hari Raya Natal 2020 dan tahun baru 2021.

" Operasi Lilin Toba 2020 diselenggarakan selama 15 hari (21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021), dengan mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes), untuk menekan penyebaran Covid 19, " ujar Kapolri.

Lebih lanjut Kapolri menyampaikan, agar personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ini, untuk selalu waspada terhadap segala hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, bangsa dan negara terutama yang berkaitan dengan serangan teroris.

" Kemudian juga terkait Covid-19 yang masih melanda, saya perintahkan agar personil wajib menerapkan body sistem. Jangan lengah untuk keselamatan dan kesehatan bersama,, " tegasnya.

Usai upacara, Kapolres Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH didampingi Kasat Lantas AKP. Zaenal Muhlisin, SH, mengatakan, ada sekitar 192 personil Polres Tapanuli Selatan, dibantu personil TNI dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan yang dilibatkan dalam PAM Natal dan pergantian tahun.

Untuk Ops Lilin Toba 2020 ini, katanya, PolresTapanuli Sekatan juga mendirikan 4 Pos Pengamanan (Pos PAM) di wilayah hokum Polres Tapsel, masing-masing, 3 pos di Kabupaten Tapanuli Selatan yakni Pos I berada di Aek Latong Kecamatan Sipirok, Pos II di kawasan rekreasi Aek Parsariran Kecamatan Batangtoru, dan Pos III di kawasan rekreasi Aek Sijorni Kecamatan Sayurmatinggi. Kemudian satu pos di Kabupaten Padang Lawas Utara yakni Pos IV di Kecamatan Halongonan dan satu pos pelayanan di Kecamatan Portibi.

“ Tiap pos diisi personil Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Satpol PP, BPBD dan Pramuka dan saya harap partisipasi masyarakat untuk turut terlibat di Pos PAM serta mengimbau masyarakat untuk tetap waspada selama mudik dan menghindari jalan yang rawan kemacetan serta longsor, " terangnya.

Terkait antisipas terhadap kejahatan jalanan seperti begal dan perampokan, Kapolres menegaskan, pihaknya telah mengantisipasi hal itu dengan rangkaian-rangkaian kegiatan sebelumnya dan operasi ini juga kita tingkatkan, termasuk pengamanan rumah-rumah ibadah, agar teman-teman kita yang nasrani dapat menjalankan ibadah dengan nyaman, “ jelasnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini