-->

PWI Langkat Menggelar Konfrensi 2020

harian9 author photo


LANGKAT| H9
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Langkat menggelar  konfrensi tahun 2020, di Gedung PKK Langkat, Stabat, Selasa (15/12/2020).

Konfrensi dibuka Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalu Staf Ahli Bupati Langkat Bid. Ekonomi dan Keuangan, Mulyono.

Pada konfrensi, M.Darwis Sinulingga terpilih sebagai ketua PWI Langkat priode 2020-2023, setelah unggul dari Heri Syahputra Ginting, lewat penghitungan suara dengan hasil 14:11 suara.

Kepeminpinan Darwis juga berdasarkan Surat Keputusan PWI Sumatera Utara No:52/SK/PWI-SU/XII/2020, tentang susunan pengurus PWI Kabupaten Langkat masa bakti 2020-2023.

Dikesempatan itu, Bupati Langkat mengucapkan selamat atas terpilihnya Darwis  Sinulingga sebagai ketua PWI Langkat. Serta mengucapkan terimakasih kepada Heri Syahputra atas keikutsertaanya mewarnai pembangunan Langkat, saat menjabat ketua PWI Langkat priode 2016-2020.

Bupati juga berharap, PWI Langkat dipengurusan baru ini, semakin memberikan warna positif  bagi penguatan informasi secara profesional, adil dan berimbang. Serta memiliki  kepekaan nurani terhadap pemberitaan yang berpotensi menimbulkan keresahan bagi masyarakat.

“Pemkab Langkat akan selalu bersama pers, menguatkan koordinasi dan komunikasi yang sehat agar suasana masyarakat Langkat tetap menyejukkan,” sebutnya.

Untuk itu, Pemkab Langkat atas pelaksaan konfrensi PWI Langkat ini sangat mendukung, guna menjalin hubungan harmonis dengan media massa, melalui masing - masing organisasi profesi jurnalis, khusunya PWI. Sehingga kinerja Pemda dapat diketahui masyarakat dan sebaliknya, pemerintah mengetahui hal yang perlu menjadi perhatian terhadap kinerja yang belum optimal.

“ Yakni menjadi sosial kontrol bagi pemerintahan,” ujarnya.

Sembari mengajak, untuk bekerjasama  memberikan kecerdasan melalui peningkatan literasi di masyarakat, menjaga iklim kondusif dalam setiap tulisan dan tayangan yang disajikan, serta memberikan kritik sehat  untuk perbaikan kinerja aparatur pemerintah.

Sedangkan, ketua PWI Sumut H.Hermasyah, mengharapkan kepengurusan PWI Langkat saat ini, dapat menggelar Uji Kompentesi Wartawan (UKW) di Langkat. Sebab hal ini yang diintruksikan oleh Dewan Pers kepada orgasnisasi – organisasi wartawan, guna meningkatkan kemampuan jurnalistik insan pers.

“Harapan kita, PWI Langkat dapat meggelar UKW bekerjama dengan pihak terkait, khususnya Pemkab Langkat,” harapnya.

Sementara, ketua panitia acara Iman Fauzi pada laporannya,  menjelaskan, saat ini PWI Langkat memiliki 33 anggota, terdiri dari berbagai wartawan televisi, radio, media cetak dan online.

“Dari jumlah tersebut, 26 orang  diantaranya anggota biasa, sedangkan 7 lainnya anggota muda. Sedangkan yang ikut memilih hanya 25 orang (anggota biasa), sebab 1 orang yang memiliki mandat memilih,  tidak hadir,” ungkapnya.

Selain itu, Ia mejelaskan,  kepengurusan PWI Langkat seharusnya berakhir pada 15 Desember 2019. Namun sebab wabah covod 19, PWI Sumut memperpanjang kepengurusan  PWI Langkat hingga 15 Desember 2020, sesuai  SK PWI Sumut No:778/PWI-SU/VI/2020 tentang perpanjang periodesasi pengurus PWI Langkat.

“Sehingga Konfrensi dapat terlaksana pada hari ini. Untuk semua pihak kami ucapkan terimakasih atas bantuannya, baik moril dan materil, hingga acara ini terlaksana sesuai dengan diharapkan,”sebutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Turut hadir sejumlah rombongan pengurus PWI Sumut, Kadis Kominfo H.Syahmadi serta sejumlah pejabat Pemkab Langkat dan undangan lainnya. Serta perwakilan dari Kejaksaan, Pengadilan Negeri, BNN, Kemenag Langkat dan segenap anggota PWI Langkat.(WD.042 )

Komentar Anda

Berita Terkini