-->

Soekirman Diprediksi Kalah di Pilkada Sergai, Direktur LCP Hamdan : Keinginan Masyarakat Untuk Perubahan Begitu Besar

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9
Suhu politik menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang tinggal beberapa hari lagi ini kian memanas. Pertarungan seru antara dua Pasangan Calon (Paslon) Incumbent inipun bakal menyita perhatian masyarakat Sergai.

Pasalnya, kedua Paslon ini (Soekirman dan Darma Wijaya) adalah tokoh yang sangat populer dikalangan masyarakat. Soekirman sendiri merupakan Bupati Incumbent dan sangat berpengalaman di birokrasi karena sudah 2 kali menjabat Wakil Bupati dan 1 kali menjabat sebagai Bupati Sergai.

Sedangkan rivalnya, Darma Wijaya atau akrab disapa Wiwik ini adalah Wakilnya Soekirman di periode 2015-2020 (sekarang). Wiwik ini merupakan sosok santun yang dekat dengan para ulama dan tokoh masyarakat. Selain itu, Wiwik juga merupakan sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada masyarakat.

"Dua-duanya orang hebat. Apalagi keduanya juga masih menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sergai saat ini," ungkap Direktur Leuser Conservative Partnership (LCP) Hamdan kepada wartawan di Sei Rampah, jumat (4/12/2020).

Menurut Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP -USU) ini, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang diselenggarakan dibulan Desember mendatang ini, akan menjadi ajang pembuktian bagi keduanya, mana yang terbaik dihati masyarakat Sergai.

"Sudah pasti keduanya memiliki peluang, namun ini juga akan menjadi ajang pembuktian bagi mereka (Soekirman dan Wiwik), terkait keberhasilan keduanya selama menjabat satu periode ini,"ujar Hamdan.

Menyikapi kedua Paslon ini, Hamdan yang juga mantan komisioner KPU ini mempunyai prediksi sendiri. Menurut prediksinya, bahwa pasangan Soekirman dan Tengku Riyan ini akan kalah telak oleh pasangan Darma Wijaya dan Adlin Tambunan dalam perhelatan Pilkada Sergai mendatang.

Dijelaskan Hamdan, ada 2 hal yang membuat Soekirman kalah dari Wiwik. Yang pertama, masyarakat Sergai sudah mulai bosan dengan Soekirman karena sudah 15 tahun menjabat. Kedua, masyarakat sudah menginginkan perubahan, karena selama Soekirman menjabat, tidak ada perubahan yang signifikan terhadap pembangunan di Kabupaten Sergai.

"Keinginan masyarakat Sergai untuk perubahan begitu kuat, karena selama 15 tahun ini, tidak ada perubahan yang signifikan yang dibuat oleh Soekirman terhadap pembangunan di Kabupaten Sergai," ucapnya.

Selain itu lanjutnya, dilihat dari dukungan yang ada saat ini, dukungan untuk Wiwik (Darma Wijaya) begitu besar dibandingkan yang mendukung Soekirman. Mulai dari Partai Politik (Parpol), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Masyarakat (Ormas), hampir seluruhnya mendukung Paslon Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

Begitu juga dengan dukungan dari para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat yang dahulu mendukung pasangan Bersaudara (Bersama Soekirman dan Darma Wijaya) pada Pilkada tahun 2015 lalu, hampir 80 persen saat ini sudah mendukung Wiwik.

"Dari jumlah dukungan yang ada, Wiwik itu jauh lebih unggul dari Soekirman. Ini membuktikan bahwa keinginan masyarakat untuk perubahan begitu besar," pungkasnya.

Perlu diketahui, pada perhelatan Pilkada Sergai mendatang, ada 2 Paslon yang akan bertarung. Kedua Paslon tersebut yakni, Paslon Darma Wijaya bersama Adlin Tambunan dengan nomor urut 1 (satu) dan Paslon Soekirman bersama Tengku Ryan Novandi dengan nomor urut 2 (dua).

Paslon dengan nomor urut 1 ini didukung oleh 11 Parpol diantaranya yakni, PDI.P, Golkar, Gerindra, Hanura, PPP, PKB, Demokrat, PBB, PSI, Perindo dan Gelora. Sedangkan Palon dengan nomor urut 2 didukung oleh 3 Parpol yakni, Nasdem, PAN dan PKS.(WD023)

Komentar Anda

Berita Terkini