-->

Sergai

Tim Supervisi Polda Sumut Lanjut Meninjau Kampung Tangguh Polres Palas Lainnya

harian9 author photo


PALAS| H9
Setelah selesai melakukan kunjungan atau peninjauan di Kampung Tangguh desa Gunung Manobot, Kecamatan Lubuk Barumun, di hari yang sama, Jumat (04/12/2020) Tim Suvervisi Binmas Polda Sumatera Utara (Sumut)  juga meninjau Kampung Tangguh binaan Polres Padang Lawas (Palas) lainnya di Desa Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Rombongan tim supervisi Polda Sumut  didampingi Waka Polres Padang Lawas, Kompol JW Sijabat SH, Kapolsek Sosa, AKP GM Siagian serta Bhabinkamtibmas Polsek Sosa, Camat Hutararaja Tinggi, Sudaryono, S.Sos, , dan Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri. Yang hadir pada siang harinya. Rombongan mendengarkan paparan mengenai profil kampung Tangguh.

Tim Supervisi dari Polda Sumut bersama rombongan berkeliling meninjau kesiapan warga Desa Ujung Batu I, terkait dengan protokol kesehatan. Bersama Kades, Camat, Bhabinkamtibmas Polsek Sosa, Bhabinsa Koramil 09/ Sosa dan relawan kampung tangguh, tim diperlihatkan hasil cocok tanam yang dilakukan warga desa ujung batu I. Demikian disampaikan Kades Ujung Batu I, Hasan Basri. Kepada wartawan Sabtu, (05/12/2020)

Hasan Basri juga menjelaskan, kategari kampung tangguh itu ada 4 (empat) kategori yakni, Kampung Tangguh Kesehatan. Yang dilengkapi  fasilitas Puskesmas, RTK (Rumah tunggu kelahiran), dan untuk kelengkapan Covid-19, seperti alat Cek Suhu, cuci tangan, Masker dan lainnya)

Kampung Tangguh Pangan. Terdiri dari adanya Tanaman TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ) dan sayur mayur dimasing masing RT, kampung tangguh Ekonomi seperti Ternak lelek karang taruna karya Bakti dari CSR PT. Victorindo Alam Lestari ada 8 Flock dan 28. Ribu bibit lele. Dan Kampung tangguh Keamanan Desa Ujung Batu I ada Poskamling 13 di masing masing ke RT an. Jelas Hasan Basri.

“Tanaman ini, sayur mayur dan ketahanan pangan lain adalah penunjang kebutuhan pokok masyarakat, namun yang tidak kalah pentingnya bagaimana kita menjaga agar penyebaran wabah ini dapat maksimal diminimalisir, tentu peran serta dari masyarakat untuk aktif memberikan informasi terkait dengan Covid-19,” ujar Hasan Basri Kades Ujung Batu I.

Sementara Camat Hutaraja Tinggi Sudaryono, S.Sos, memberikan semangat kepada Relawan Kampung Tangguh di Desa Ujung Batu I, agar menjalankan tugas dengan baik sehingga mampu menekan penyebaran Covid-19.

“Eksistensi operasional Kampung Tangguh Ujung Batu I harus ditingkatkan dan selalu menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) untuk menekan penyebaran covid-19 yang sampai saat ini belum reda,” ungkap Sudaryono, S.Sos, 

Sebelumnya, Kapolres Padang Lawas, AKBP Jarot Yusviq Andito SIK melalui Waka Polres, Kompol JW Sijabat SH bersama rombongan polres waktu melakukan pendampingan Tim Supervisi Polda Sumut mengatakan peninjauan ini bertujuan untuk melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas bersama warga desa, dalam kegiatan  program ketahanan pangan, bentuk budidaya pengembangan ikan air tawar sebagai Kampung Tangguh binaan Polres Padang Lawas.

Dalam kunjungan itu, kata Waka Polres, rombongan Suvervisi Polda Sumut ini juga melihat langsung pemanfaatan saluran irigasi, untuk dijadikan lubuk larangan pengembangan ikan tawar di kampung tangguh yang dirangkai dengan penaburan benih ikan sebanyak 5 ribu ekor jenis Ikan Mas dan Nila, Jumat (04/12/2020). Di desa gunung manobot.

Dalam kunjungan di Desa Tangguh Ujung Batu I tersebut Tim Suvervisi dari Polda Sumut juga diterima dan didampingi Waka Polres Padang Lawas, Kompol JW Sijabat SH, Kasat Binmas, Iptu Rahmat Saleh Nainggolan SH, Kapolsek Sosa serta Bhabinkamtibmas Polsek Sosa, juga Bhabinsa Koramil 09/Sosa. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini