-->

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Padangsidimpuan Gencar Operasi Yustisi

harian9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Cegah penyebaran Covid-19, Polres Padangsidimpuan terus gencar gelar Operasi Yustisi dan himbauan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka penegakan disiplin kepada masyarakat, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres RI) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan No 28 Tahun 2020, Senin (11/1/2021).

Operasi Yustisi dipimpin Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Priharitini S.IK.MH, diwakili Kabag Ops Kompol Ahmad Fauzi KS, melibatkan personil gabungan dari Polres Padangsidimpuan, Kodim 0212/Tapanuli Selatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padangsidimpuan, dengan mengambil titik lokasi di Jalan Imam Bonjol Simpang Silandit Kelurahan Aek tampang serta di simpang Jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Padang Matinggi, Kota Padangsidimpuan.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Priharitini S.IK.MH, diwakili Kabag Ops Kompol Ahmad Fauzi KS menyampaikan bahwa, pelaksanaan Operasi Yustisi yang digelar di awal tahun 2021 ini dalam rangka penindakan terhadap pelanggaran Prokes Covid-19 yang tidak diindahkan masyarakat, seperti tidak menggunakan masker.

" Tindakan yang dilakukan ini yaitu memberikan teguran terhadap pelanggar sekaligus kami juga membagi masker kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker ketika melintas di jalan raya, serta memberikan imbauan kepada warga yang berkerumun, agar selalu menjaga jarak, " ujar Kompol Fauzi.

Menurutnya, pada kegiatan Operasi Yustisi yang dilaksanakan tersebut, tim gabungan memberi tindakan kepara pelanggar sebanyak 25 orang yang di dominasi pengendara roda dua, supir angkutan umum bersama penumpangnya. Para pelanggar kemudian dicatat petugas identitasnya dan para pelanggar tersebut juga diberi masker, " ucapnya.

Selain menggelar Operasi Yustisi di jalan raya, petugas juga mendatangi pusat perbelanjaan pasar Inpres Padangmatinggi untuk memberikan imbauan Prokes kepada pedagang dan pengunjung. Hal itu di lakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona agar tidak menjadi cluster baru.

" Selain memberikan himbauan kami juga juga memberikan himbauan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan sehingga tercipta situasi Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), di tengah- tengah masyarakat di masa pandemi Covid-19, " imbuhnya.

Dirambahkannya, pelaksanaan kegiatan Operasi Yustisi yang juga di ikuti personil Sat Lantas Polres Padangsidimpuan, dimana masih ditemukan masyarakat atau pengendara yang tidak mematuhi Prokes dan melanggar Perwal Nomor  28 Tahun 2020, sehingga diberikan teguran lisan dan teguran tertulis.

" Kita belum tahu kapan berakhirnya pandemi ini. Untuk itu kami mengajak semua lapisan masyrakat untuk tetap mematuhi Prokes dari pemerintah hal itu dilakukan agar kita semua terhindar dari penyakit mematikan itu dan mengajak semuanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dengan tetap rajin menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan jauhi kerumunan dan yang terpenting mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar permasalahan ini segera berakhir, " tuturnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini