-->

Distribusi Vaksin Covid-19 Ke Paluta Dijadwalkan 1 Februari Mendatang

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Pendistribusian vaksin Covid-19 untuk kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dijadwalkan pada tanggal 01 Februari 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes, Jumat (29/01).

Ia menyebutkan, sesuai hasil koordinasi dengan pihak Dinkes Sumatera Utara, pendistribusian vaksin covid-19 ke Kabupaten Paluta dari Medan akan dilakukan pada 01 Februari 2021.

“Hasil koordinasi kita dengan pihak Provsu, jadwal untuk kabupaten Paluta akan didistribusikan pada 01 Februari jika tidak ada kendala,” ujarnya.

Disebutkannya, untuk pendistribusiannya pihak Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta akan melakukan penjemputan ke Medan dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Sedangkan untuk penyimpanannya, ia menerangkan bahwa freezer untuk menampung atau menyimpan vaksin telah disiapkan di gudang farmasi milik Dinkes Paluta.

“Freezer sudah siap di gudang farmasi dari kemarin. Dan saat ini kita sedang mengadakan rapat koordinasi dengan pihak kepolisian untuk persiapan tim penjemputan vaksin Covid-19 ke Medan,” terangnya.

Senada, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinkes Paluta dr Afrida Henny Simamora menyebutkan bahwa berdasarkan lampiran surat dari Kemenkes RI nomor : SR.02.06/II/80/2021 tanggal 08 Januari 2021 perihal distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19, jumlah dosis vaksin yang akan didapatkan Kabupaten Paluta sebanyak 2560 vial untuk 1280 orang.

“Kalau tidak ada perubahan, sesuai lampiran surat dari Kemenkes beberapa waktu lalu, jatah vaksin untuk Paluta sebanyak 2560 dosis yang diperuntukkan 1280 orang,” jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi tahap awal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan karena sebagai garda terdepan penanganan covid-19.

Pasalnya, mereka paling rentan terinfeksi virus tersebut dan sesuai update sudah beberapa tenaga kesehatan yang terinfeksi covid-19 khususnya didaerah Paluta.

“Untuk tahap ini diprioritaskan untuk Nakes yang diharapkan dengan vaksinasi nanti mereka dapat maksimal melayani masyarakat dan menangani kasus covid-19, sekaligus terhindar dari risiko terinfeksi," pungkasnya.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini