-->

Gelar Rakor, Satgas Covid-19 Paluta Bersama Forkopimda Bahas Persiapan Vaksinasi

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Paluta, Selasa (19/01).

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Paluta tersebut dihadiri oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Paluta Andri Kurniawan, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Paluta Mayor Arm Hasran Harahap, Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD, Kapolsek Padang Bolak, Danramil 05/PB, Camat se-Kabupaten Paluta, TP PKK Paluta, FKUB dan sejumlah ulama pimpinan pondok pesantren beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam sambutannya menyampaikan akan melaksanakan kembali sosialisasi penegakan Perbup nomor 41 tahun 2020 tentan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-9 dengan melibatkan segenap pemangku kepentingan lainnya.

"Kita akan sosialisasikan penegakan Perbup nomor 41 tahun 2020 dengan melibatkan segenap pemangku kepentingan, dan dalam rangka vaksinasi kita sudah siapkan sebanyak 17 puskesmas di Kabupaten Paluta, dan kita juga sudah siapkan pengawalan untuk vaksin yang akan diterima oleh Pemkab Paluta nantinya," jelasnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Paluta sudah siap menerima vaksin yang akan didistribusikan dari provinsi Sumut dengan melibatkan pihak TNI dan Polri dalam melaksanakan pengamanan pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan.

“Pemerintah Kabupaten Paluta sudah siap menerima Vaksin serta tempat Vaksin yang akan kita terima nantinya, kami juga mengharapkan kepada pihak TNI dan Polri agar dapat melaksanakan pengamanan dalam rangka pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaksanakan," harapnya.

Andar juga menegaskan selaku Bupati Paluta, dirinya siap untuk di vaksin yang pertama kali di Kabupaten Paluta untuk memastikan keamanan vaksinasi Covid-19 nantinya.

"Saya selalu Bupati Paluta siap untuk di vaksin pertama kali di Kabupaten Paluta demi memastikan keamanan vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan nantinya," tegas Andar.

Untuk diketahui, sebelumnya Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Afrida Henny Simamora, Jumat (15/01) lalu menyampaikan bahwa sesuai dengan lampiran surat dari pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) nomor : SR.02.06/II/80/2021 tanggal 08 Januari 2021 perihal distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pendistribusian vaksin ke Kabupaten Paluta dijadwalkan pada bulan Februari 2021.

Katanya, berdasarkan surat dari Kemenkes RI tersebut juga diketahui bahwa alokasi distribusi vaksin untuk kabupaten Paluta sebanyak 2560 vaksin diperuntukkan bagi 1280 orang yang terdiri atas tenaga kesehatan dan sejumlah pejabat publik esensial.

“Kita juga sudah mempersiapkan 38 orang vaksinator yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” terangnya.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini