-->

Ikuti Himbauan Gubsu, Belajar Tatap Muka Dikabupaten Paluta Ditunda

harian9 author photo


PALUTA| H9
Pelaksanaan proses belajar mengajar secara tatap muka langsung di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang sempat sudah dilaksanakan satu hari yakni pada Senin (04/01), akhirnya ditunda oleh Pemerintah Kabupaten Paluta untuk waktu yang belum ditentukan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution SSTP, Senin (04/01) sore.

“Sebagai tindaklanjut surat himbauan Gubernur Sumut kepada Bupati dan Walikota se-Sumut Nomor: 420/001/2021 tanggal 04 Januari 2021, pembelajaran tatap muka langsung pada awal tahun 2021 di wilayah Provinsi Sumut ditunda sampai dengan waktu yang tidak ditentukan, Pemkab Paluta dalam hal ini Satgas Covid-19 kabupaten Paluta mengambil sikap untuk mengikuti himbauan tersebut dengan menghentikan kegiatan belajar tatap muka sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” sebut Lairar dalam siaran pers Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta Nomor: 01/SATGAS C-19/I/2021 tanggal 04 Januari.

Dikatakannya, dalam surat tersebut juga dihimbau agar setiap satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan khusus tetap melakukan persiapan kondisi, keadaan, situasi, prasarana, sarana dan peraturan teknis kebiasaan baru, sehingga pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka langsung setiap satuan pendidikan secara nyata sudah benar-benar siap.

Selain itu, Gubernur Sumut juga mengimbau agar mengoptimalkan pelaksanaan daring sesuai dengan kondisi, keadaan dan situasi satuan pendidikan dan wilayah masing-masing. Melaporkan hal yang terkait dengan pembelajaran di wilayah Kabupaten/Kota kepada Gubernur dan prioritas utama perlindungan dan kesehatan peserta didik terhindar dari Covid-19.

“Sambil tetap mempersiapkan fasilitas penunjang apabila nantinya diijinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka melalui surat edaran yang rencananya akan diumumkan besok hari Selasa (05/01), Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta tetap menghimbau kepada segenap lapisan masyarakat untuk tetap waspada dan berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan 4M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari keramaian),” tambahnya.

Sebelumnya, Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution SSTP menyebutkan bahwa sebagaimana hasil rapat tim Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta pada tanggal 23 Desember 2020 lalu memutuskan untuk menyetujui pelaksanaan pembelajaran tatap muka mulai tanggal 4 Januari 2021 dengan tetap menerapkan SOP atau Protokol Kesehatan.

Namun, sesuai dengan hasil rapat dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui video conference tentang evaluasi lonjakan kasus Covid-19 antara Bupati/Walikota se-Sumut dengan Gubernur Sumut (29/12), Gubernur Sumut menyatakan baru akan melakukan rapat pembahasan tentang rencana pembelajaran tatap muka pada Kamis 31 Desember 2020.

“Oleh karena itu pihak Pemkab masih menunggu surat resmi dari Gubsu terkait juknis/SOP pelaksanaan pembelajaran tatap muka dimaksud. Apabila belum diterima sampai tanggal 04 Januari 2021, kemungkinan besar Pemkab Paluta khususnya akan tetap mengacu kepada hasil keputusan rapat Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta pada tanggal 23 Desember 2020 sebelumnya, yakni melaksanakan proses pembelajaran tatap muka dengan penerapan SOP atau Protokol Kesehatan,” terang Lairar melalui aplikasi WA, Sabtu (2/1).

Namun, keputusan belajar tatap muka di Kabupaten Paluta kemudian ditunda untuk waktu yang belum ditentukan  berdasarkan surat himbauan Gubernur Sumut Nomor: 420/001/2021 tanggal 04 Januari 2021 yang menyebutkan bahwa pembelajaran tatap muka langsung pada awal tahun 2021di wilayah Provinsi Sumut ditunda sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini